sign up SIGN UP search


kehamilan

8 Produk Kecantikan yang Perlu Dihindari saat Hamil, Bisa Bahayakan Janin Bun

Amira Salsabila   |   Haibunda Sabtu, 01 Jan 2022 12:40 WIB
Perawatan kulit ibu hamil Ilustrasi ibu hamil/Foto: Getty Images/Eva-Katalin

Jakarta - Sebagian besar wanita merasa tampil cantik dengan menggunakan riasan wajah, mungkin termasuk Bunda. Namun, ada beberapa produk kecantikan yang harus dihindari bila Bunda sedang mengandung Si Kecil, lho.

“Kita semua ingin kehamilan berjalan dengan baik. Jadi, wajar untuk berhati-hati dengan apa yang kita gunakan pada kulit kita,” kata Allison Sutton, dokter kulit medis dan kosmetik di Vancouver, dikutip dari Today’s Parents.

Pasalnya, beberapa bahan dasar dalam produk kosmetik mengandung bahan-bahan yang terbukti berbahaya bagi janin yang sedang berkembang. Produk itu pun perlu dihindari pasca persalinan karena dapat masuk ke ASI.


Lalu, produk kecantikan apa saja yang perlu Bunda hindari untuk menjaga kehamilan tetap sehat? Simak berikut ini, ya Bunda.

1. Produk pencerahan kulit

Prodik ini mengandung hidrokuinon, dan Bunda tidak disarankan untuk menggunakan produk ini saat mengandung Si Kecil. Hidrokuinon adalah produk untuk mencerahkan kulit atau mengurangi pigmentasi kulit yang terjadi akibat melasma dan chloasma, yang disebabkan oleh kehamilan.

Produk ini memiliki tingkat penyerapan sistematik yang tinggi, dan dapat menimbulkan bahaya bagi bayi yang sedang berkembang.

2. Pelembab anti penuaan

Produk ini mengandung retinoid. Retinoid adalah turunan dari Vitamin A dan digunakan untuk merawat kondisi kulit tertentu. Namun, Jika Bunda sedang mengandung atau berencana untuk hamil dalam waktu dekat, disarankan untuk menghindari produk ini.

Produk yang mengandung retinoid dapat membahayakan ibu dan janin karena formulasinya memasuki aliran darah kita. Beberapa jenis retinoid oral telah dikaitkan dengan cacat lahir yang parah dan harus dihindari selama kehamilan dan menyusui.

Banner Teh DietBanner Teh Diet/ Foto: HaiBunda/Mia

3. Toner kulit

Produk toner kulit mengandung asam glikolat. Asam glikolat telah ditemukan berbahaya dalam dosis tinggi, dan telah dikaitkan dengan kerusakan kulit, dan peradangan serta meningkatkan risiko paparan matahari yang berbahaya.

Meskipun aplikasi terbatas produk yang mengandung asam glikolat aman selama kehamilan, melebihi itu dapat menyebabkan hiperpigmentasi inflamasi dan bahkan dapat menyebabkan iritasi kulit. Bunda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum mengambil produk bebas yang mengandung lycolic Acid.

Simak penjelasan selanjutnya di halaman berikutnya ya Bunda.

Simak juga video tentang tips agar kulit tidak kering saat hamil di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



PRODUK KECANTIKAN YANG BERBAHAYA BAGI BUMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!