sign up SIGN UP search


kehamilan

Ketahui Jenis-jenis Jamur yang Aman dan Berbahaya bila Disantap Ibu Hamil

Amira Salsabila   |   Haibunda Kamis, 23 Dec 2021 07:21 WIB
Ibu hamil makan caption

Jakarta - Selama menjalani kehamilan, Bunda tentu menerima banyak masukan dan saran tentang makanan apa yang sebaiknya dan pantang untuk dimakan. Memang, ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dimakan saat hamil karena bisa mengganggu pertumbuhan janin.

Lalu bagaimana dengan jamur? Pada umumnya, tanaman jamur memang tidak berbahaya karena kandungan nutrisi yang dikandung. Namun, ada pula jenis jamur yang keamanannya meragukan dan berisiko menimbulkan efek samping apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Ada pula kekhawatiran tentang risiko keracunan atau perubahan otak terkait jamur pada ibu hamil. Lalu, apakah jamur aman dikonsumsi saat mengandung? Apa saja risiko dan manfaat jamur pada ibu hamil? Simak penjelasan berikut ini, ya Bunda.


Bolehkah makan jamur saat hamil?

Jamur adalah sumber makanan rendah kalori dari protein dan serat berkualitas baik. Sebanyak 100 gram jamur kancing putih dapat menghasilkan sekitar 22 kalori. Mereka juga mengandung vitamin, mineral, dan elemen pembangkit nutrisi. 

Jamur menawarkan nutrisi yang sangat baik untuk Si Kecil yang sedang tumbuh. Memasukkan jamur ke menu makanan harian ibu hamil dapat memberikan berbagai macam manfaat. Berikut ini manfaat jamur untuk ibu hamil:

1. Sumber vitamin C

Jamur adalah sumber alami vitamin B kompleks termasuk B1, B2, B3, dan B5, yang bermanfaat bagi calon ibu dan bayi. B1 dan B3 membantu perkembangan otak bayi, menghilangkan rasa lelah dan meningkatkan energi. Vitamin B2 membantu menjaga kesehatan kulit, meningkatkan penglihatan dan mengembangkan tulang, otot, dan saraf yang kuat.

2. Sumber vitamin D

Vitamin D dapat meningkatkan kesehatan tulang. Mengonsumsi jamur sebagai lauk dapat memberikan tubuh vitamin D yang berlimpah. Vitamin D membantu menyerap kalsium dalam tubuh, membentuk tulang dan gigi yang kuat pada bayi, dan mencegah masalah pencernaan.

Banner Hages Budiman Bunda Hebat di Sekitar kitaBanner Hages Budiman Bunda Hebat di Sekitar kita/ Foto: HaiBunda/Mia

3. Sumber protein dan serat

Protein diperlukan untuk perkembangan keseluruhan bayi karena berkontribusi pada massa otot. Serat membantu mencegah kondisi iritasi seperti sembelit dan kelelahan.

4. Sumber zat besi

Zat besi dapat meningkatkan kadar hemoglobin. Tubuh Bunda membutuhkan lebih banyak hemoglobin karena volume darah meningkat selama kehamilan. Jamur merupakan sumber zat besi yang dapat membantu menghasilkan hemoglobin dan sel darah merah pada Bunda dan janin

5. Sumber antioksidan

Antioksidan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan hadir dalam jamur meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat Bunda terbebas dari penyakit dan sehat selama mengandung Si Kecil. Jamur juga mengandung seng, potasium, dan selenium, yang membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Lalu, jamur apa saja yang boleh dan tidak boleh dimakan ibu hamil? Simak di halaman berikutnya, ya Bunda.

Simak pula video tentang 7 buah yang bagus dilahap saat hamil di bawah ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
JENIS JAMUR YANG AMAN DAN TIDAK AMAN DIKONSUMSI IBU HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!