moms-life

Cara Tepat Memilih Skincare bagi Ibu Hamil

Yuni Ayu Amida Jumat, 06 Sep 2019 11:39 WIB
Cara Tepat Memilih Skincare bagi Ibu Hamil
Jakarta - Kalau ingin memakaiĀ skincare saat hamil, enggak boleh sembarang pilih, Bun. Pasalnya, ibu hamil sensitif terhadap bahan-bahan kimia yang terkandung dalam produk perawatan kulit.

Dikatakan Rizqa Ridhayati Zulka, product specialist FMCG PT EIG Dermal Wellness Indonesia, ibu hamil rentan terhadap paparan bahan kimia. Itu sebabnya dalam pemakaian skincare tidak boleh yang berat kandungannya.

"Memang, ibu hamil punya masalah kulitnya lebih kering, lebih gampang berjerawat, itu alami kayak gitu. Jadinya cukuplah simple skincare aja, cleanser, toner, pelembab," tutur Rizqa, dalam konferensi pers Nurish Organiq di Jakarta, Rabu (4/9/2019).


Saat menggunakan skincare atau produk perawatan kulit, kita juga mesti perhatikan kandungannya, Bun. Alasannya karena ada beberapa bahan yang berbahaya bagi ibu hamil.

"Kayak paraben, kalau lagi jerawatan hindari salicylic acid, benzoyl peroxide. Rata-rata obat jerawat enggak bagus untuk ibu hamil," jelasnya.

Cara Tepat Memilih Skincare bagi Ibu HamilFoto: iStock


Sebaliknya, kata Rizqa, jika ibu hamil mengalami masalah jerawat, gunakan saja sejenis aloe vera. Meski bukan obat jerawat, kandungan aloe vera mampu menenangkan kulit yang berjerawat.

Selain itu, jika menggunakan produk kecantikan yang mengandung Sun Protector Factor (SPF), ibu hamil disarankan memakai yang berasal dari mineral sunscreen. Produk tersebut dianggap lebih aman daripada yang berasal dari chemical sunscreen.

"SPF ada yang berasal dari mineral sunscreen dan chemical sunscreen. Kalau ibu hamil disarankan yang kandungannya mineral sunscreen, contohnya titanium dioxide dan zinc oxide. Kalau chemical sunscreen kayak avobenzone, octinoxate, enggak dianjurkan," urai Rizqa.

"Karena ada riset membuktikan, dia diserap dan masuk ke darah, kemudian ditemukan di ASI, berarti itu kan enggak baik untuk ibu hamil," tegasnya.

Nah, buat para ibu hamil, hati-hati ya kalau memilih skincare. Enggak usah khawatir masalah jerawat karena sangat wajar dialami selama kehamilan.

Lihat juga video soal make up Korea ini, Bun.

[Gambas:Video 20detik]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi