sign up SIGN UP search


kehamilan

Kenali Pentingnya Glutamin dan Manfaatnya untuk Janin selama Kehamilan

Meita Fajriana   |   Haibunda Selasa, 28 Dec 2021 20:53 WIB
Ilustrasi ibu hamil makan telur dan minum susu caption

Jakarta - Bayi membutuhkan nutrisi bahkan sedari berada di dalam perut Bunda. Salah satu nutrisi yang diperlukan janin yaitu glutamin. Zat ini ditransfer ke janin melalui plasenta Bunda.

Glutamin sangat berpengaruh pada kehamilan yakni dalam perkembangan bayi dan menghindari risiko bayi lahir mati (stillbirth). Bunda penasaran apa saja manfaat glutamin untuk janin? Yuk simak terus penjelasannya Bunda. 

Melansir dari laman What to Expect, bayi yang pertumbuhannya melambat atau berhenti di dalam rahim lebih mungkin untuk lahir mati. Sementara itu, mereka yang bertahan hidup memiliki peluang lebih tinggi terkena penyakit jantung dan diabetes di masa depan.


Karena plasenta memasok nutrisi ke bayi untuk membantunya tumbuh, masalah apa pun dengan plasenta dapat menyebabkan bayi tidak tumbuh dengan baik. Di sini pentingnya plasenta memberikan glutamin yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan janin selama kehamilan.

Glutamin adalah asam amino penting dengan banyak fungsi dalam tubuh. Ini adalah blok bangunan protein dan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh.Terlebih lagi, glutamin memiliki peran khusus dalam kesehatan usus. 

Sebenarnya, tubuh secara alami memproduksi asam amino ini, dan juga ditemukan dalam banyak makanan. Namun, janin belum dapat memproduksinya sehingga membutuhkannya dari asupan yang Bunda konsumsi. 

"Glutamin adalah asam amino yang penting. Glutamin adalah bentuk yang ditemukan dalam makanan, suplemen dan tubuh manusia. Ini adalah bagian dari protein dalam tubuh Anda dan terlibat dalam fungsi kekebalan dan kesehatan usus. Sehingga penting untuk mendapatkan glutamin bahkan sejak menjadi janin untuk kelangsungan hidupnya," kata Grant Tinsley ahlI nutrisi di Texas, Amerika Serikat dikutip dari laman Healthline, Rabu (22/12). 

Banner Teh DietBanner Teh Diet/ Foto: HaiBunda/Mia

Meski memiliki manfaat untuk kelangsungan hidup janin, namun mengkonsumsi suplemen glutamin harus disertai persetujuan dokter ya Bunda. Glutamin hanya boleh diberikan selama kehamilan jika manfaatnya lebih besar daripada risikonya. Jadi berkonsultasilah kepada ahli sebelum mengonsumsinya Bunda. 

Dari semua asam amino, glutamin adalah yang paling serbaguna. Sebuah studi menunjukkan bahwa baik glutamin dan glutamat memainkan peran penting dalam metabolisme janin dan plasenta. Jika pasokan glutamin dari ibu tiba-tiba terganggu bayi bisa lahir sangat prematur

Untuk itu plasenta sangat berpengaruh pada pemenuhan nutrisi dan kelangsungan hidup janin. Glutamin dan glutamat adalah asam amino yaitu bahan penyusun protein yang dibutuhkan untuk memastikan bayi tumbuh dengan baik.

Sebuah penelitian menemukan bahwa plasenta bayi yang lebih kecil dari yang diharapkan tidak sebaik mentransfer asam amino ini ke bayi seperti plasenta normal Bunda. Simak penjelasan lain di halaman berikutnya ya.

Saksikan juga video tentang manfaat musik klasik untuk Bunda hamil di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



 

MANFAAT GLUTAMIN UNTUK JANIN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!