sign up SIGN UP search


kehamilan

Inilah Waktu Terbaik untuk Melakukan Tes Kehamilan, Lebih Akurat Bun

Amira Salsabila   |   Haibunda Sabtu, 25 Dec 2021 19:55 WIB
ilustrasi test pack caption

Jakarta - Jika Bunda mengalami tanda-tanda awal kehamilan seperti kelelahan, nyeri payudara, mual, atau terlambat haid, pertanyaan yang paling mendesak adalah kapan Bunda dapat mengetahui dengan pasti bahwa Bunda benar-benar hamil.

Bunda, penting untuk melakukan tes kehamilan pada waktu yang tepat untuk memaksimalkan kesempatan Bunda mendapatkan pembacaan yang akurat tentang kehamilan.

Lalu, bagaimana cara menentukan waktu terbaik untuk melakukan tes kehamilan? Simak penjelasan berikut ini, ya Bunda.


Tes kehamilan memeriksa urine atau darah Bunda untuk hormon yang disebut human Choriconic Gonadotropin (hCG), atau umumnya dikenal dengan hormon kehamilan. Hormon ini hasilkan dari plasenta, organ yang menghubungkan janin dengan Bunda.

Tubuh Bunda membuat hormon ini setelah sel telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim Bunda. Pada awalnya kadar hCG rendah, tetapi meningkat pada awal kehamilan sebelum menurun.

Ini biasanya terjadi sekitar 6 hari setelah pembuahan. Tingkat hCG meningkat dengan cepat, dua kali lipat setiap 2 hingga 3 hari.

Jenis tes kehamilan

1. Tes kehamilan di rumah

Tes di rumah biasanya menggunakan urine Bunda untuk mencari hCG dalam tubuh Bunda. Menurut sebagian besar wanita, tes kehamilan di rumah sekitar 99 persen efektif bila digunakan sesuai dengan petunjuk.

Bunda juga mudah mendapatkan tes ini di apotek dan tidak memerlukan resep dokter. Walaupun tidak perlu adanya resep dokter, Bunda juga perlu membaca petunjuknya terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Ada beberapa hal yang perlu diingat ketika Bunda melakukan tes kehamilan di rumah. Sebagai berikut ini:

  • Lebih baik untuk menggunakan urine di pagi hari setelah bangun tidur, ya Bunda. Ini adalah waktu saat kadar hCG Bunda akan mudah untuk dideteksi. Jika Bunda melakukannya di waktu lain, coba pastikan urine Bunda telah berada di kandungan kemih Bunda setidaknya selama 4 jam.
  • Tidak minum cairan dalam jumlah berlebih sebelum Bunda melakukan tes kehamilan. Banyak orang yang berpikir ini akan meningkatkan volume urine, tetapi juga dapat mengencerkan kadar hCG Bunda.
  • Bacalah petunjuk yang menyertai tes dengan seksama sebelum memulai tes, dan mengikuti setiap langkah dengan tepat.
Banner Pria Korea Syok Nikahi Wanita RIBanner Pria Korea Syok Nikahi Wanita RI/ Foto: HaiBunda/Mia

2. Tes darah

Jenis lain dari tes kehamilan yang dapat digunakan adalah tes darah. Tes darah jarang dilakukan karena mahal dan cenderung memiliki hasil yang sama dengan tes urine. Jenis tes kehamilan ini dilakukan dengan menggunakan sampel kecil darah yang dianalisis di rumah sakit.

Tes darah ini tidak hanya mendeteksi apakah hormon kehamilan ada dalam tubuh Bunda atau tidak, tetapi juga dapat menentukan berapa banyak hormon yang ada.

Tes darah untuk kehamilan mungkin dilakukan dalam keadaan khusus, seperti untuk wanita yang menjalani perawatan infertilitas.

Tes darah ini sedikit lebih sensitif daripada tes urine karena dapat mendeteksi kadar hCG yang sangat kecil. Untuk tes ini, sampel darah Bunda akan diambil dan dikirim ke laboratorium untuk dianalisis. Hasilnya mungkin membutuhkan waktu mulai dari beberapa jam hingga lebih dari sehari.

Lalu, kapan waktu terbaik melakukan tes kehamilan? Simak di halaman berikutnya, ya Bunda.

Simak juga video tentang 10 tanda awal kehamilan menurut dokter obgyn.

[Gambas:Video Haibunda]





WAKTU TERBAIK MELAKUKAN TES KEHAMILAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!