sign up SIGN UP search


kehamilan

Kehamilan 26 Minggu: Bunda Semakin Sulit Tidur dan Si Kecil Mulai Membuka Matanya

Meita Fajriana   |   Haibunda Selasa, 28 Dec 2021 08:10 WIB
Woman in her early thirties is pregnant and due date is in few months. Healthy woman in living stress free life, going to medical checks and ultra sound checks, relaxation exercises and prepares food full of vitamins in order to have strong and healthy baby. Newborn baby girl is loved so much. caption

Jakarta - Pada kehamilan 26 minggu ini, Bunda sudah semakin dekat dengan trimester tiga. Artinya, tidak lama lagi Bunda akan berjumpa dengan sang buah hati. Mendekati trimester tiga hingga kelahiran, Bunda akan dihadapkan dengan rasa tidak nyaman karena perut semakin membesar. 

Melansir dari laman Verywell Family, pada kehamilan 26 minggu Bunda akan merasakan ketidaknyamanan saat tidur. Semua posisi terasa tidak nyaman sehingga membuat Bunda insomnia.

Sementara itu, Si Kecil sudah membuka matanya di minggu ini lho Bunda. Nah apa saja gejala kehamilan 26 minggu lainnya, dan seperti apa perkembangan Si Kecil di minggu ini? Yuk simak terus penjelasannya ya Bunda. 


Perkembangan bayi di kehamilan 26 minggu

Pada kehamilan 26 minggu, orang-organ Si Kecil semakin semakin sempurna Bunda. Berikut perkembangan bayi di kehamilan 26 minggu yang perlu Bunda ketahui dilansir dari laman What to Expect.

1. Ukuran janin

Pada kehamilan 26 minggu, Bunda berada di titik akhir trimester kedua dan hampir mencapai yang ketiga. Pada minggu ini Si Kecil sekarang memiliki berat 2 pon penuh dan panjang lebih dari 14 inci.

Bayi Bunda kini akan merasa sedikit sesak di dalam rahim tetapi jangan khawatir, masih ada banyak ruang di sana untuk tumbuh. Begitu juga leluasa untuk Si Kecil jungkir balik sehingga memberikan Bunda sensasi gerakan dari dalam perut. 

Banner Teh DietBanner Teh Diet/ Foto: HaiBunda/Mia

2. Mata Si Kecil mulai membuka

Mata kecil itu yang telah tertutup selama beberapa bulan terakhir kini mulai membuka. Retina yaitu bagian mata yang memungkinkan gambar menjadi fokus, semakin berkembang dan mulai terbuka pada kehamilan 26 minggu. Ini berarti bayi Bunda dapat melihat apa yang terjadi sekarang di dalam rahim. 

Cobalah sorotkan senter ke perut Bunda, lihat Si Kecil mungkin akan memberikan respons dengan aksi menendang. Menarik dan menyenangkan ya Bunda. Pada minggu ini, iris yang merupakan bagian mata yang berwarna, masih belum memiliki banyak pigmentasi yang akan terisi selama satu atau dua bulan ke depan.

Bahkan warna mata bayi Bunda saat lahir bisa saja bukan warna permanen lho. Bunda harus menunggu dan menebak-nebak sampai Si Kecil berusia satu tahun, dengan perubahan paling dramatis terjadi sekitar 6 bulan Bunda. 

"Pada kehamilan 26 minggu, mata bayi Anda telah berkembang sepenuhnya, dan mereka bahkan memiliki alis dan bulu mata yang membuat mereka terlihat semakin sempurna," Jennifer Wu dokter kandungan di Manhatta, New York dikutip dari laman What to Expect, Kamis (23/12).

Simak kelanjutannya di halaman berikut ya.

Simak pula video tentang 7 cara atasi stres saat hamil di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
GEJALA YANG DIRASAKAN PADA KEHAMILAN MINGGU 26 MINGGU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!