sign up SIGN UP search


kehamilan

Amankah Bumil Seperti Aurel Traveling dengan Pesawat Kala Omicron Mewabah?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Minggu, 26 Dec 2021 07:00 WIB
Foto baby bump Aurel Hermansyah. caption
Jakarta -

Aurel Hermansyah tengah berlibur ke Turki bersama suaminya, Atta Halilintar. Seperti kita tahu, saat ini Aurel tengah hamil besar, Bunda.

Perjalanan dari Indonesia ke Turki cukup memakan waktu lama lho. Hal ini ternyata berdampak pada kondisi fisik Aurel yang lagi hamil besar.

Dalam salah satu unggahan di Instagram Stories miliknya, putri Anang Hermansyah ini mengungkapkan kondisinya usai sampai ke Turki. Aurel mengaku badannya lelah hingga bengkak-bengkak karena perjalanan jauh. Wanita 23 tahun ini pun langsung berendam untuk mengatasi keluhan tersebut.


"Langsung rendeman.. badan remuk di perjalanan bengkak-bengkak. Masya Allah nikmatnya menjadi ibu hamil," tulis Aurel.

Banner Cara Membuat Bakwan JagungFoto: HaiBunda/Mia

Perjalanan ke Turki ini memang begitu berkesan bagi Aurel. Selain untuk berlibur, dia juga bertemu keluarga besar sang suami, Bunda.

Meski terlihat mudah, traveling saat hamil dan di masa pandemi enggak gampang ya. Bunda hamil alias Bumil seperti Aurel perlu melakukan persiapan matang sebelum traveling. Apalagi, saat ini virus COVID-19 varian Omicron lagi mewabah di dunia.

Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum Bumi seperti Aurel traveling? Apa aman melakukan perjalanan saat hamil di masa pandemi ini ya?

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), dalam kebanyakan kasus, Bumil dapat melakukan perjalanan dengan aman sampai mendekati Hari Perkiraan Lahir (HPL) mereka. Namun, traveling mungkin tidak direkomendasikan untuk Bunda yang memiliki komplikasi kehamilan.

"Jika merencanakan perjalanan, maka sebaiknya bicarakan ke dokter kandungan atau tenaga kesehatan profesional lainnya," kata ACOG, dilansir laman resminya.

Selain keamanan, Bunda juga perlu memikirkan kenyamanan ya. Tidak peduli moda tranportasi apa yang digunakan, pikirkan dulu kenyamanan dan keamanan Bunda.

Hal ini juga berlaku bagi Bumil yang ingin traveling di masa pandemi. Bunda perlu membuat rencana yang matang untuk meminimalkan risiko tertular virus saat traveling.

ACOG menyarakankan Bunda hamil untuk melakukan traveling di waktu terbaik, yakni usia kehamilan 14 sampai 28 minggu. Selama waktu ini, energi Bunda biasanya sudah kembali dan keluhan mual sudah mulai menghilang. Sedangkan bila sudah memasuki usia kehamilan lebih dari 28 minggu, Bunda mungkin akan sulit untuk bergerak atau duduk di waktu yang lama.

Nah, simak yuk tips traveling untuk Bumil pada masa pandemi di halaman berikutnya.

Simak juga momen 7 bulanan Aurel, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

TIPS TRAVELING SAAT HAMIL BESAR DI MASA PANDEMI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!