sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan bila Berencana Hamil di Masa Pandemi

Amira Salsabila   |   Haibunda Sabtu, 15 Jan 2022 12:40 WIB
BEBERAPA FAKTOR YANG PERLU DIPERTIMBANGAN UNTUK HAMIL SAAT PANDEMI
Portrait of young pregnant woman in public park with protective face mask. caption

2. Faktor pekerjaan Bunda

Apakah Bunda bekerja di lingkungan yang rentan dengan COVID-19? Jika tempat kerja Bunda dapat berdampak pada risiko Bunda tertular COVID-19, itu harus dipertimbangkan.

"Jika Bunda bekerja di lingkungan berisiko tinggi, seperti pekerja kesehatan atau petugas toko kelontong, mungkin ada baiknya untuk meminta akomodasi kerja jika sedang hamil. Jika tidak bisa mendapatkannya, buatlah keputusan yang terbaik untuk ibu," kata Dr Aimee Eyvazzadeh, ahli endokrinologi reproduksi dan penasihat di Proov, dikutip dari Very Well Family.

3. Faktor risiko kehamilan Bunda

Dr. Eyvazzadeh menyarankan bahwa orang yang memiliki riwayat kehamilan berisiko tinggi atau memiliki faktor medis yang menempatkan mereka pada risiko, sebaiknya tidak mempertimbangkan untuk hamil saat ini.


Tentu saja, Bunda harus berkonsultasi dengan dokter tentang apa faktor risiko khusus Bunda dan bagaimana pengaruhnya terhadap kehamilan Bunda saat ini.

4. Akses ke perawatan prenatal

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah bagaimana pandemi dapat memengaruhi akses Bunda ke perawatan medis.

"Pandemi COVID-19 telah menyebabkan realokasi sumber daya medis," kata Dr. Eduardo Hariton, MD, seorang OB-GYN dan rekan klinis di University of California San Francisco.

Pada awal pandemi, rumah sakit membatasi jumlah pengunjung yang dapat dimiliki oleh pekerja, misalnya. Jika lonjakan kasus di masa depan muncul, beberapa pembatasan ini dapat diaktifkan kembali.

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!