sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Bumil Saat Macet di Perjalanan Mudik Lebaran

Ajeng Annastasia Kinanti   |   Haibunda Sabtu, 30 Apr 2022 07:00 WIB
Foot pain and leg cramps during pregnancy caption
Jakarta -

Selain mual dan muntah, keluhan lain yang umum dialami para Bunda hamil yakni kaki bengkak. Dalam kondisi tertentu, misalnya saat terjebak macet mudik, kondisi ini bisa semakin membuat Bunda tak nyaman.

Dilansir Baby Centre, pembengkakan atau disebut juga edema pada kehamilan terjadi karena tubuh menahan cairan lebih banyak dari biasanya. Bengkak saat hamil bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, namun yang paling sering terjadi di bagian kaki seperti pergelangan kaki, telapak kaki, dan jari kaki.

Saat janin sedang bertumbuh, rahim yang membesar akan menekan pembuluh darah di area panggul Bunda. Kondisi ini membuat sirkulasi di area panggul menjadi sedikit lebih lambat.


Dengan demikian, cairan tubuh menjadi turun ke kaki dan sayangnya tidak bisa dengan mudah naik kembali. Kaki Bunda pun jadi tampak bengkak karena menahan cairan tersebut.

Tips mengatasi kaki bengkak saat hamil

Keluhan kaki bengkak umumnya terjadi saat kehamilan memasuki usia trimester ketiga. Jika Bunda punya keluhan kaki bengkak dan semakin tak nyaman di tengah perjalanan mudik, jangan buru-buru minum obat ya. Simak beberapa tips yang bisa dicoba seperti dilansir berbagai sumber:

1. Tinggikan kaki dan perbanyak istirahat

Saat ada waktu istirahat, manfaatkan sebisa mungkin untuk membuat kaki rileks sejenak. Dikutip dari Healthline, tinggikan posisi kaki jika memungkinkan. 

Jangan lupa juga untuk sesekali menepi dan berpindah posisi, misalnya dengan berdiri atau jalan-jalan singkat. Ini akan membantu memperlancar sirkulasi dalam tubuh, sehingga mengalirkan cairan yang 'terjebak' di kaki sepanjang hari.

Banner Tanda Janin LaparFoto: HaiBunda/ Novita Rizki

2. Kenakan pakaian yang longgar 

Pastikan Bunda mengenakan pakaian yang longgar dan nyaman saat bersiap berangkat mudik. Sebisa mungkin hindari menggunakan pakaian yang ketat ya, Bunda.

Sebab pakaian yang ketat, terutama di sekitar pergelangan tangan, pinggang, dan pergelangan kaki, dapat memperburuk keluhan bengkak. Alasannya, hal ini darah tidak mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh.

3. Jalan-jalan singkat secara berkala

Jika memang ada kesempatan untuk berhenti dan istirahat dari perjalanan, sediakan waktu jalan singkat setidaknya 5-10 menit. Ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi cairan dalam tubuh dan mengurangi pembengkakan.

Tetap rutin bergerak juga melenturkan otot-otot tubuh Bunda, sehingga terhindari dari risiko pegal dan kaku. Baca tips lainnya di halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga video tips risiko makan pepaya mentah untuk bumil berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



Pilih Alas Kaki yang Nyaman dan Rutin Pijat
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!