sign up SIGN UP search


kehamilan

Mengharukan! Perjuangan Ratu Malaysia Hamil Anak Pertama, 16 Kali Gagal Bayi Tabung

Annisa Afani   |   Haibunda Kamis, 28 Apr 2022 22:05 WIB
Kehadiran Raja Permaisuri Agung Tunku Hajah Azizah Aminah Maimunah Iskandariah, berbalut kebaya batik, seolah menjadi pesona dan daya tarik sendiri di Istana Bogor. caption
Jakarta -

Setiap orang punya perjuangan masing-masing dalam hidupnya. Tak terkecuali oleh Ratu Malaysia Tunku Azizah Aminah atau akrab disapa Ratu Azizah.

Wanita kelahiran Johor, Malaysia 61 tahun silam ini membagikan pengalaman setelah menikah dengan Raja Abdullah pada 1986. Ternyata, saat itu pasangan tersebut sempat kesulitan memiliki keturunan.

Dahulu, untuk mengandung anak pertama, Ratu Azizah menjalani beberapa program Fertilisasi in Vitro (IVF atau yang sering disebut sebagai bayi tabung.


Ratu Azizah tak langsung berhasil, kegagalan pun bukan sekali atau dua kali. Disceritakan oleh Ratu Azizah, ia baru mengandung anak pertama setelah gagal sebanyak 16 kali pada 1995.

"Saya menjalani 16 putaran IVF, dan pada putaran ke 17 saya berhasil," katanya, dikutip dari People pada Rabu (27/4/2022).

"Saya tidak pernah berpikir saya akan memiliki lima (anak) lagi, termasuk anak kembar," sambungnya.

Berangkat dari pengalaman tersebut, Ratu Azizah kemudian mendirikan Yayasan Kesuburan Tunku Azizah. Yayasan ini dibangun untuk membantu mendanai perawatan kesuburan pada tahun 2004.

"Yayasan saya mensponsori perawatan untuk pasangan miskin dan berpenghasilan menengah," katanya.

"Saya tahu berapa biayanya, dan perjuangan emosional yang dialami orang-orang. Anda pergi berobat dan pulang ke rumah dan menangis," lanjutnya.

Sebagai informasi, Raja Abdullah dilantik sebagai raja pada 2019 lalu, Bunda. Posisi tersebut akan dipegangnya hingga 2024 karena sistem monarki bergilir Malaysia setiap lima tahun.

Simak kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, simak juga perjalanan panjang Dea Ananda saat hamil anak pertama dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
PENDIDIKAN ANAK-ANAK RAJA DAN RATU MALAYSIA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!