sign up SIGN UP search


kehamilan

Makna Surat Al Waqiah yang Rutin Dibaca Fairuz A Rafiq Saat Hamil King Faaz

Kinan   |   Haibunda Selasa, 26 Apr 2022 13:40 WIB
Pesta Ulang Tahun King Faaz caption

Saat ini putra Fairuz A Rafiq, King Faaz, tengah menjadi perhatian para Bunda. Sulung dari tiga bersaudara tersebut sudah menguasai hafalan ayat suci Al-Qur'an di usianya yang baru 10 tahun.

Tentang hal ini, Fairuz bercerita bahwa hal ini didapat dari kebiasaan yang selalu ia lakukan saat hamil Faaz. Bahkan tak hanya pada Faaz lho Bunda, tapi juga diterapkan pada seluruh anaknya.

Kebiasaan tersebut yakni setiap hari tidak pernah putus membaca surat Al-Waqiah dan salat tahajud. Hal ini dilakukan Fairuz juga untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.


"Alhamdulillah waktu pertama kali hamil Faaz sudah terbiasa diamalkan. Waktu itu masih ada almarhum Papa," ungkap Fairuz, dikutip dari kanal YouTube AH, beberapa waktu lalu.

"Beliau bilang sama aku, kenapa perempuan 9 bulan tidak dikasih menstruasi itu pasti ada sebabnya. Jadi aku ambil kesimpulan, bahwa ini adalah momen di mana aku lebih mendekatkan diri sama Allah dan anak," sambungnya.

Banner 9 Tanda Kepala Janin di BawahFoto: annisa shofia/HaiBunda

Surat yang tergolong dalam Makkiyah ini dinamakan Al-Waqiah karena diambil dari ayat pertamanya yang mengandung arti kiamat. Meskipun demikian, surat Al Waqiah tidak hanya menjelaskan tentang hari kiamat.

Surat Al-Waqiah dengan 96 ayatnya juga yang berisi tentang fiqih bersuci hingga mendeskripsikan kondisi-kondisi penghuni neraka (Ashab al-Syimal) dan penduduk surga (Ashab al-Yamin). 

Makna surat Al-Waqiah untuk bumil

Ada beberapa makna dan keutamaan dari surat Al-Waqiah ketika rutin dibaca, termasuk oleh bunda hamil. Selain itu, surat ini juga berkaitan dengan rezeki. 

Melansir Ustaz Ramadhan AM dalam bukunya yang berjudul 'Rahasia Dahsyat Al-Fatihah, Ayat Kursi dan Al-Waqiah untuk Kesuksesan Karier dan Bisnis', melalui hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik RA, Rasulullah SAW bersabda:

"Surat Al Waqiah adalah surat kekayaan maka bacalah dan ajarkanlah ia kepada anak-anakmu." (HR Ad Dailamiy).

Al-Waqiah berasal dari Bahasa Arab yang artinya ‘hari kiamat’. Surat ini terdiri atas 96 ayat dan termasuk ke dalam golongan surah Makkiyah. 

Penelitian yang dilakukan oleh Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyebutkan bahwa keutamaan surat Al-Waqiah ini yakni tentang nilai pendidikan keimanan.

Termasuk di antaranya tentang asal usul manusia, tanaman, air dan api, serta keimanan kepada hari kiamat. Baca selanjutnya di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, tonton juga video penyebab utama bumil dehidrasi berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



SURAT AL-WAQIAH MENDATANGKAN PINTU REZEKI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!