sign up SIGN UP search


kehamilan

Bunda Rasakan Gejala Hamil? Ini Waktu Terbaik Cek Kehamilan dengan Test Pack

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Senin, 25 Apr 2022 07:00 WIB
Pregnant woman vomiting into the toilet basin in the early stages of pregnancy. caption

Jakarta - Bagi Bunda yang tengah menjalani program hamil, apakah tengah merasakan beberapa ciri kehamilan tapi masih bingung kapan waktu tepat untuk memeriksakannya?  

Untuk mengetahui apakah Bunda hamil atau tidak walaupun sudah merasakan gejalanya, sebaiknya tetap memperhatikan beberapa hal ya agar cek kehamilan yang dilakukan bisa lebih akurat. 

Misalnya pada penggunaan test pack, ternyata ada waktu yang paling tepat agar hasilnya akurat, Bunda. Memang, banyak cara sebagai upaya validasi kehamilan , tetapi Bunda perlu mengetahui ketepatan waktu yang pas ya agar hasil tes yang Bunda lakukan lebih valid.


Mengutip Mayo Clinic, waktu terbaik untuk menjalani tes kehamilan mandiri di rumah adalah setelah Bunda melewati tanggal menstruasi seharusnya ya. Dengan kata lain, seminggu penuh setelah menstruasi Bunda terlewat, Bunda bisa mencoba menggunakan test pack untuk mengecek Bunda hamil atau tidak.

Banner Anak Siti KDI DibullyBanner Anak Siti KDI Dibully/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Lantas bagaimana ketepatan lain yang perlu diperhatikan? Yuk Bunda, lanjutkan membaca ya. 

Waktu terbaik lakukan tes kehamilan dengan test pack

Melansir dari My Clevelandclinic, sekali pun gejala kehamilan setiap Bunda berbeda-beda, tes kehamilan bisa dilakukan di waktu yang sama. Yakni setelah memastikan mengalami terlambat menstruasi, Bunda bisa melakukan melalui tes urine, Bunda. 

Urine mengandung human chorionic gonadotropin (HCG), Bunda. Yaitu hormon yang dihasilkan oleh jaringan plasenta yang masih muda dan dikeluarkan lewat urine. Waktu terbaik untuk melakukan tes kehamilan adalah saat buang air kecil pertama di pagi hari. Sebab, di waktu tersebut hormon HCG di dalam urine lebih tinggi sehingga kehamilan pun akan cepat terdeteksi oleh test pack ya. 

Cropped shot of a young woman taking a pregnancy testWaktu terbaik lakukan tes kehamilan dengan test pack/ Foto: Getty Images/katleho Seisa

Untuk mendapatkan hasil yang tepat, tes kehamilan memang sebaiknya dilakukan pada pagi hari daripada waktu lain, Bunda. Ini karena selama Bunda tidur tidak ada asupan air sehingga urine pada pagi hari lebih pekat dan kadar hormon hCG-nya juga lebih tinggi.

Dengan begitu, test pack akan lebih mudah mendeteksi kehamilan Bunda. Pastikan Bunda sudah menyiapkan test pack yang belum kedaluwarsa ya jika akan mencobanya. 

Selain mual dan muntah, ada beberapa tanda kehamilan yang tidak biasa lho Bunda. Apa sajakah itu? Simak di halaman selanjutnya ya.

Simak juga video tentang 10 tanda awal kehamilan menurut obgyn:

[Gambas:Video Haibunda]



5 TANDA YANG TIDAK BOLEH DIABAIKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!