sign up SIGN UP search

kehamilan

7 Manfaat Mangga Muda untuk Ibu Hamil Bantu Redakan Morning Sickness

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Minggu, 24 Apr 2022 07:00 WIB
ilustrasi mangga muda dan ibu hamil caption
Jakarta -

Bunda hamil sering ngidam mangga muda. Rasanya yang asam dianggap mampu mengatasi morning sickness atau rasa mual di awal kehamilan.

Secara umum, mangga merupakan salah satu buah yang direkomendasikan untuk Bumil. Kandungan nilai gizinya yang tinggi sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Nutrisi mangga muda

Nutrisi yang terkandung dalam mangga muda hampir sama dengan mangga matang. Dikutip dari Parenting Firstcry, berikut kandungan nutrisi dalam 100 gram buah mangga:


  • Kalori 60 kkal
  • Protein 0,5 gram
  • Karbohidrat 17 gram
  • Lemak 0,3 gram
  • Vitamin C 27,7 miligram
  • Vitamin A 0,2 miligram
  • Vitamin B6 0,1 miligram
  • Vitamin K 4,2 miligram
  • Asam folat 14 miligram

Selain itu, mangga juga mengandung tinggi serat, vitamin E, kalium, magnesium, dan zat besi. Kandungan gula di buah ini juga cukup tinggi.

Mangga mudaIlustrasi mangga muda/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Kinnaree1

Mangga untuk ibu hamil

Melansir dari laman India Parenting, mangga aman untuk ibu hamil bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup alias enggak berlebihan. Hal ini juga berlaku untuk konsumsi mangga muda ya, Bunda.

Namun, ada masalah khusus yang dapat timbul bila makan mangga muda. Beberapa di antaranya dapat menimbulkan reaksi alergi, sakit perut, dan diare.

Bunda perlu menghindari mangga muda yang diolah secara kimia atau dalam bentuk kemasan kaleng ya. Terkadang bahan kimia ini mengandung arsenik dan fosfor.

Mengonsumsi mangga mentah kemasan bisa menyebabkan masalah pencernaan, sakit kepala terus-menerus, perubahan suasana hati, tangan dan kaki kebas. Dalam beberapa kasus serius bisa menyebabkan kejang.

Selain itu, jangan makan mangga muda tanpa melakukan tes alergi lateks. Beberapa tanda alergi mangga muda meliputi bibir bengkak, sariawan, gatal di mulut, masalah pernapasan, dan diare.

Secara umum, mangga aman untuk dikonsumsi selama hamil. Tetapi Bunda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum makan mangga muda, terutama bila memiliki alergi atau diabetes.

Mangga mudaIlustrasi mangga muda/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Kinnaree1

Manfaat mangga muda untuk ibu hamil

Mengutip berbagai sumber, ada pun beberapa manfaat mangga muda untuk ibu hamil sebagai berikut:

1. Menjaga daya tahan tubuh

Mangga muda mengandung banyak vitamin C yang dapat menjaga daya tahan tubuh, Bunda. Menurut angka kecukupan gizi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), ibu hamil memerlukan 85 miligram vitamin C setiap hari.

Vitamin C juga dikenal sebagai anti-inflamasi. Vitamin ini pun salah satu komponen antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel-sel dalam tubuh.

2. Mengatasi masalah di sirkulasi darah

Kandungan vitamin C di buah mangga muda tak hanya untuk menjaga daya tahan tubuh lho. Vitamin C ini memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu mengurangi timbulnya masalah sirkulasi darah.

Perlu diketahui nih, Bunda. Ada banyak tekanan pada pembuluh darah yang terjadi selama kehamilan. Dengan makan mangga muda, pembuluh darah bisa menjadi kuat.

3. Mengatasi morning sickness

Konsumsi buah mangga muda dapat membantu mencegah dan mengatasi morning sickness di awal kehamilan lho, Bunda. Sebab, buah ini mengandung vitamin B6.

"Vitamin B6 dalam buah ini juga berperan penting dalam meredakan mual dan morning sickness," kata ahli diet klinis Jyoti Benjamin, MS, RD dilansir Mom Juction.

4. Mencegah dehidrasi

Dehidrasi harus dihindari selama hamil ya, Bunda. Selain mencukupi asupan cairan dari minum air putih, Bunda dapat mengonsumsi mangga muda untuk mencegah dehidrasi.

Mangga muda dapat mengisi kembali cadangan natrium klorida dan zat besi yang keluar melalui keringat saat melakukan aktivitas.

5. Mencegah anemia besi

Selain tinggi vitamin C, buah mangga juga mengandung zat besi yang dapat mencegah anemia. Kekurangan zat besi adalah penyebab paling umum anemia pada ibu hamil trimester tiga.

Bunda hamil memiliki risiko lebih tinggi terkena anemia karena butuh lebih banyak darah untuk diproduksi tubuh dan membantu memberikan nutrisi pada bayinya.

6. Mencegah cacat tabung saraf

Buah mangga memiliki kandungan asam folat lho, Bunda. Seperti kita tahu, asam folat dibutuhkan selama kehamilan karena dapat mencegah cacat tabung saraf.

Asam folat juga sangat penting untuk perkembangan otak janin dan sumsum tulang belakangnya. Kandungan zat ini pun berperan dalam pembelahan sel yang sehat pada janin.

7. Menyeimbangkan cairan di tubuh

Ketika volume darah meningkat selama kehamilan, tubuh Bunda membutuhkan mineral tambahan nih. Nah, mangga mengandung elektrolit seperti kalium, magnesium, dan natrium yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan.

"Elektrolit memastikan bahwa saraf, jantung, otak, dan otot Anda dapat bekerja sebagaimana mestinya," kata Benjamin.

Biar makin semangat menjalani bulan Ramadan, ada HAMPERS spesial nih, dari HaiBunda. Bunda bisa mendapatkan minyak goreng 2 liter, emas 3 gram, smartphone, smart TV, dan masih banyak lagi. Daftar di SINI untuk mendapatkannya!

Simak juga 5 manfaat buah kedondong untuk Bumil, dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank)
kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!