sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Tanda Hamil yang Mungkin Muncul Bahkan sebelum Bunda Telat Menstruasi

Amira Salsabila   |   Haibunda Senin, 25 Apr 2022 15:50 WIB
Asian women her stomach aches hard She wakes up in the middle of the night while she sleeps. caption

Jakarta - Sebagian Bunda biasanya akan mulai mencurigai dirinya hamil saat mengalami keterlambatan haid. Setelah itu, mulai muncul beberapa gejala lain hingga akhirnya para Bunda memutuskan untuk melakukan tes kehamilan.

Namun, apakah ada tanda kehamilan yang mungkin muncul bahkan sebelum Bunda mengalami keterlambatan haid? Simak penjelasannya berikut ini yuk.  

Walaupun periode datang bulan yang terlewat merupakan salah satu tanda kehamilan, itu tidak selalu menjadi tanda pertama bahwa Bunda sedang mengandung Si Kecil, lho Bunda. Ada beberapa gejala juga yang mungkin dapat mengindikasi kehamilan sebelum Bunda telat untuk menstruasi.


Telur membuahi dan menempel di dinding rahim, jauh sebelum Bunda melewatkan periode menstruasi. Pada dasarnya, Bunda sedang hamil saat implantasi terjadi. Ketika beberapa hari atau minggu memasuki kehamilan, tubuh mulai memberikan indikasi tentang kehamilan, bahkan sebelum tanggal menstruasi.

Tes kehamilan merupakan cara paling akurat untuk mengetahui apakah Bunda sedang hamil atau tidak. Namun, beberapa gejala umum juga bisa mengungkapkan tanda-tanda kehamilan, jauh sebelum Bunda melewatkan periode menstruasi.

Banner cara menyimpan daun bawangCara menyimpan daun bawang/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Lalu, apa saja gejala kehamilan yang mungkin Bunda alami sebelum telat datang bulan? Yuk, simak berikut ini, ya Bunda.

1. Morning sickness atau mual

Melansir dari laman E TIMES, ibu hamil merasa sangat mual selama tahap awal kehamilan. Meskipun dikenal sebagai mual di pagi hari, itu tidak selalu muncul di pagi hari dan mungkin Bunda bisa merasa sakit kapan saja sepanjang hari.

Merasa mual adalah sesuatu yang dialami sebagian besar wanita, bahkan sebelum mereka melewatkan menstruasi. Ini dapat muncul beberapa minggu setelah terjadinya pembuahan karena berbagai alasan mulai dari kadar estrogen dan progesteron yang tinggi dalam tubuh hingga gula darah rendah. Ini juga dapat menjadi buruk karena stres, kelelahan, atau peka terhadap bau yang menyengat.

2. Payudara sakit atau sensitif

Salah satu perubahan paling awal yang mungkin Bunda perhatikan selama kehamilan adalah payudara yang sakit atau nyeri. Payudara Bunda mungkin juga terasa lembut saat disentuh, lebih penuh, atau lebih berat dari biasanya. Hal ini disebabkan oleh meningkatkan kadar progesteron dalam tubuh.

Young woman holding menstruation calendar serious face thinking about question, very confused idea7 Tanda Hamil yang Mungkin Muncul Bahkan sebelum Bunda Telat Menstruasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/AaronAmat

3. Merasa lelah

Perubahan hormon membuat Bunda merasa lelah sepanjang waktu. Kelelahan dan mengantuk adalah tanda awal kehamilan. Ini adalah sesuatu yang normal untuk merasa lelah setelah melakukan aktivitas kecil sekalipun selama kehamilan.

Tingkat progesteron yang perlu disalahkan untuk peningkatan kecenderungan untuk tidur dan itu akan berlangsung sepanjang trimester pertama. Tubuh juga mulai memproduksi lebih banyak darah untuk mendukung pertumbuhan janin, yang mengakibatkan peningkatan kelelahan. Hal ini dapat diatasi dengan diet sehat, kaya mineral, vitamin, zat besi, dan banyak cairan lainnya.

Simak tanda kehamilan lain di halaman selanjutnya ya Bunda. 

Simak juga video tentang 10 tanda awal kehamilan menurut obgyn:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
PEKA TERHADAP BAU HINGGA SERING BUANG AIR KECIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!