sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Aturan Penting agar Bumil Tak Alami Kontraksi Palsu saat Mudik Lebaran

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Jumat, 29 Apr 2022 07:00 WIB
Muslim Hamil caption
Jakarta -

Jelang mudik Lebaran, Bunda hamil perlu menjaga kondisi tubuh ya. Terutama bila usia kehamilan sudah masuk pertengahan trimester dua nih.

Salah satu yang perlu diwaspadai menjelang mudik adalah timbulnya kontraksi palsu. Kondisi tersebut bisa membuat Bunda enggak nyaman melakukan perjalanan jauh mudik.

Kepala departemen obstetri dan ginekologi Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo, Dr. dr. Suskhan Djusad, Sp.OG (K) mengatakan, kontraksi palsu disebut juga sebagai Braxton Hicks. Kontraksi palsu terjadi saat kondisi perut terasa kencang namun tidak teratur atau hilang timbul, Bunda.


"Kontraksi palsu ini sendiri biasanya mulai terasa di usia kehamilan 20 minggu," kata Suskhan kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu.

3 Langkah Aman Jaga Kehamilan di Masa Pandemi COVID-193 Langkah Aman Jaga Kehamilan di Masa Pandemi COVID-19/ Foto: HaiBunda/Annisa Shofia

Kontraksi palsu bisa terjadi dalam waktu singkat dan dapat terasa setiap jam. Selama kontraksi ini, perut dari pinggang ke depan akan terasa seperti kram.

Kontraksi yang kencang dan tidak teratur selama kehamilan bisa berubah menjadi teratur memasuki usia kehamilan 34 minggu. Pada kondisi ini, biasanya akan muncul bercak darah yang menjadi tanda persalinan.

Suskhan mengatakan bahwa kontraksi palsu dapat hilang dengan sendirinya apabila Bunda mengurangi aktivitas berat. Bila kontraksi terjadi secara teratur, semakin sakit, dan keluar lendir darah, sebaiknya segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Menurut American Pregnancy Association (APP), beberapa dokter dan bidan percaya bahwa kontraksi palsu sebenarnya berperan dalam mengencangkan otot rahim dan meningkatkan aliran darah ke plasenta. Kontraksi palsu tak dianggap memiliki peran dalam melebarkan rahim, tetapi mungkin bisa melunakkan rahim.

Kontraksi palsu tak dapat diprediksi datangnya. Tapi, kondisi ini dapat dicegah agar tak terjadi saat Bunda mudik Lebaran. Lalu bagaimana caranya?

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga perbedaan kontraksi palsu dan kontraksi jelang persalinan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

TIPS JAGA KONDISI TUBUH AGAR TAK ALAMI KONTRAKSI PALSU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!