sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Ciri-ciri Kontraksi Palsu Agar Bisa Bunda Bedakan dengan Kontraksi Asli

Tim HaiBunda Minggu, 26 Sep 2021 13:40 WIB
Perempuan hamil yang sedang mengalami kontraksi. caption
Jakarta -

Menjelang persalinan, tentunya banyak sekali hal yang perlu Bunda persiapkan. Nah, jangan sampai semua persiapan itu terganggu dengan ciri kontraksi palsu.

Kontraksi palsu ini bisa muncul secara tiba-tiba lho, Bun. Tapi bukan artinya Bunda akan segera melahirkan. Karena, seperti namanya, ini adalah kontraksi yang tidak benar dan hanya terjadi dalam rentang waktu sebentar.

Kontraksi palsu ini disebut juga sebagai Braxton Hicks atau kontraksi palsu. Cirinya bisa terasa dengan beberapa hal berikut:


5 kebiasaan aneh orang IndonesiaFoto: Mia Kurnia Sari

Ciri-Ciri Kontraksi Palsu

Kontraksi jenis ini umumnya menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh Bunda. Biasanya kontraksi seperti ini terjadi hanya selama satu hingga dua menit namun bisa menimbulkan rasa ketidaknyamanan.

1. Munculnya kontraksi secara tidak teratur dengan waktu yang relatif singkat

Kontraksi palsu akan hadir secara tiba-tiba dengan pola yang tidak teratur. Biasanya ia juga hadir dengan waktu yang relatif singkat. Ini berbeda dengan kontraksi asli menjelang persalinan.

Jika Bunda sudah masuk dalam fase melahirkan, kontraksi yang terjadi ditandai dengan rasa nyeri hebat dalam rentang waktu yang berpola dan teratur. Untuk mengatasi kontraksi palsu, Bunda bisa melakukan gerakan ringan. Misalnya berjalan perlahan atau menggerakkan pinggang ke kanan dan ke kiri.

2. Tidak disertai dengan pecahnya air ketuban

Jelang persalinan biasanya akan ditandai dengan keluarnya cairan berwarna bening. Sementara yang terjadi saat kontraksi palsu adalah keluarnya cairan berbau seperti ammonia.

Tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika cairan ini keluar dari tubuh Bunda karena itu adalah hal normal. Yang perlu Bunda waspadai adalah jika keluar darah dari vagina. Jika sudah demikian, langsung saja berkonsultasi dengan dokter kandungan Bunda ya.

3. Tidak diikuti dengan keluarnya noda maupun bercak darah

Kerap kali pada kontraksi sesungguhnya menjelang tanda persalinan, akan muncul gejala keluarnya noda kecokelatan. Sementara pada kontraksi yang palsu, tidak ada gejala ini yang hadir. Melainkan hanya muncul rasa nyeri sesaat yang muncul tiba-tiba dengan tidak teratur.

4. Timbulnya rasa tidak nyaman di bagian perut bawah

Pada kontraksi palsu biasanya perut terasa kencang pada sisi bagian tengah hingga menuju bagian bawah perut. Untuk meredakannya bisa dilakukan dengan cara bergerak perlahan atau yoga ringan. 

Kondisi kehamilan memang bisa membingungkan ya, Bunda. Maka itu disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin agar Bunda bisa berkonsultasi mengenai ciri-ciri kontraksi palsu. Dengan mengenali ciri kontraksi palsu ini diharapkan menjadi pedoman untuk bisa membedakannya dengan ciri kontraksi sesungguhnya. (PK)

Simak juga video berikut mengenai penjelasan beda kontraksi palsu dengan kontraksi asli, disimak ya Bun.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!