sign up SIGN UP search


kehamilan

Makan Mi Instan saat Hamil, Apakah Berbahaya untuk Janin?

Kinan   |   Haibunda Kamis, 05 May 2022 11:00 WIB
Asian businesswoman has to eat noodles while working caption
Jakarta -

Konsumsi makanan instan, termasuk yang populer seperti mi instan, memang sedap ya, Bunda. Tetapi apakah konsumsi makanan instan seperti ini saat hamil dapat membahayakan janin?

Mi instan pada umumnya tidak dianggap sebagai pilihan makanan yang baik untuk Bunda hamil karena mengandung karbohidrat dan natrium yang tinggi. Selain itu, kandungan nutrisinya minim dan mengandung bahan pengawet. 

Bahan-bahan tersebut jika dikonsumsi terlalu banyak dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan janin yang sedang tumbuh pesat dalam kandungan.


Dilansir Mom Junction, mi instan dikelompokkan dalam kategori junk food karena mengandung kadar karbohidrat dan lemak yang tinggi. Makanan ini juga rendah vitamin, protein, serat, dan mineral.

Salah satu kekhawatiran terbesar dari mi instan yakni kandungan natrium di dalamnya. Seperti diketahui, konsumsi natrium berlebihan saat hamil dapat memengaruhi kehamilan secara negatif, salah satunya risiko tekanan darah tinggi. 

banner janin aktif di sebelah kiriFoto: haibunda.com/novita rizki

Kandungan mi instan yang bisa berbahaya bagi bumil

Meski rasanya enak, sebaiknya hindari konsumsi mi instan saat hamil ya, Bunda. Jika memungkinkan, sebaiknya pilih asupan lain yang memiliki kandungan nutrisi lebih memadai untuk tumbuh kembang janin.

Dikutip dari Parenting First Cry, ada beberapa kandungan dalam mi instan yang kadarnya tinggi dan dapat menimbulkan risiko bagi janin, di antaranya: 

1. Garam

Mi instan mengandung tinggi garam dan dapat memengaruhi kesehatan kehamilan jika Bunda sering memakannya. Terlalu banyak asupan natrium selama kehamilan juga dapat membuat Bunda rentan terhadap hipertensi dalam jangka panjang.

2. Zat pengawet

Mi instan juga dapat memiliki pewarna buatan dan aditif rasa yang bertujuan untuk memperpanjang umur simpan produk. Konsumsi berlebihan zat-zat ini saat hamil berisiko dapat menghambat pertumbuhan janin.

3. MSG

Monosodium Glutamat atau MSG dikenal sebagai bahan umum dalam banyak makanan, terutama makanan yang memiliki cita rasa gurih. Komposisi MSG dalam mi instan umumnya cukup tinggi.

Saat hamil, sebaiknya hindari konsumsi makanan yang memiliki tinggi MSG ya Bunda, termasuk salah satunya mi instan atau junk food lainnya. Baca selanjutnya di halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga video jenis-jenis makanan kaya asam folat berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



RISIKO LAIN KONSUMSI MI INSTAN BERLEBIHAN SAAT HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!