sign up SIGN UP search


kehamilan

Penyebab Perut Ibu Hamil Terasa Kencang di Setiap Trimester, Cek juga Risikonya Bun

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Rabu, 27 Apr 2022 19:55 WIB
Kontraksi caption

Jakarta - Perjalanan kehamilan hampir selalu memberikan Bunda pengalaman dan perubahan kondisi yang tidak diduga ya. Berbagai perubahan yang terjadi pada tubuh seakan menjadi sebuah pengalaman yang menarik, termasuk perut Bunda yang terasa mengencang.

Perut kencang merupakan kondisi normal kok Bunda saat menjalani kehamilan. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal, seperti perkembangan janin, pergerakan bayi, hingga kemungkinan masalah yang serius. 

Mengutip dari Medicalnewstoday, selagi perut kencang tidak disertai gejala yang serius, Bunda masih cukup aman dan tidak perlu panik berlebihan ya. Sebab, hampir semua perempuan hamil akan melalui fase perut mengencang ini, Bunda. 


 “Perut kencang adalah salah satu gejala yang dialami banyak wanita selama kehamilan,” tandas Amanda Kallen, Ginekolog dan Obstetri dari Yale School of Medicine
 
Menurut Dokter Kallen, terdapat banyak faktor penyebab perut mengencang saat kehamilan dan dapat bervariasi dan tergantung pada trimesternya, Bunda. 

Banner cara menyimpan daun bawangCara menyimpan daun bawang/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Lalu bagaimana penjelasan perut kencang dalam setiap trimesternya, Bunda? yuk kita lanjut.

Trimester pertama 

Mengutip dari Greatist, perut mengencang pada trimester pertama bisa menjadi indikasi keguguran, Bunda. Keguguran ini sering tidak disadari oleh Bunda hamil sebab belum mengetahui kehamilannya. Sehingga tidak jarang Bunda menganggap hal itu karena terlambat menstruasi biasa. 

Disebutkan, memang sangat kecil kemungkinan ini terjadi. Untuk itu, ada baiknya Bunda selalu waspada dengan perubahan kondisi sekecil apa pun saat mengalami kehamilan, terutama pada trimester awal ini. 

pregnancy, motherhood, people and expectation concept - close up of happy pregnant woman with big belly at windowKetahui Penyebab Perut Ibu Hamil Terasa Kencang di Setiap Trimester Kehamilan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/dolgachov

Alasan lain dari perut mengencang pada trimester pertama adalah karena rahim tumbuh dan meregang dengan cepat untuk mengakomodasi janin yang sedang tumbuh dalam rahim. Hal ini dapat menyebabkan kram perut atau nyeri tajam menusuk di sepanjang sisi perut, karena ligamen dan jaringan lain meregang, Bunda.

Selain itu, bisa juga bisa karena gas atau sembelit. Perubahan hormon kehamilan dapat memperlambat saluran pencernaan, Bunda. Juga, zat besi dalam beberapa vitamin dapat mengeraskan tinja dan membuat sulit buang air besar. Baik gas dan sembelit terkadang bisa membuat perut terasa kencang ya.

Lanjut ke halaman berikutnya yuk Bunda.

Simak juga yuk video tentang 7 keluhan umum saat hamil trimester 1 dan cara mengatasinya:

[Gambas:Video Haibunda]



 

kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
NYERI LIGAMEN BUNDAR HINGGA KONTRAKSI PALSU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!