sign up SIGN UP search

kehamilan

Bumil Ingin Mudik? Ketahui Syarat dan Batas Usia Kehamilan yang Aman Yuk

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Kamis, 28 Apr 2022 20:55 WIB
ilustrasi ibu hamil caption

Jakarta - Silaturahmi menjadi energizer tersendiri ya untuk semua orang. Tidak berlebihan ada pepatah mengatakan silaturahmi merupakan salah satu cara memperpanjang umur, Bunda. Sebab bertemu dengan sanak saudara bisa menumbuhkan buncah kebahagiaan yang tidak ternilai ya.

Itulah kenapa pada momen hari raya, khususnya Idul Fitri dikenal kebiasaan mudik untuk mengunjungi atau bersilaturahmi dengan keluarga, walau jauh sekalipun.


Terlebih kini pemerintah telah melonggarkan peraturan mudik pada tahun ini menyusul menurunkan kasus COVID-19 di Indonesia. Wah, tentunya ini menjadi sebuah kesempatan untuk bisa melepas kangen dengan keluarga setelah beberapa tahun tak jumpa secara langsung ya Bunda.

Ibu hamil pun bisa melakukan mudik dengan syarat telah melakukan vaksin lengkap atau 2 kali vaksin dan satu vaksin booster. Namun selain vaksin, ada beberapa hal lain yang juga sebaiknya diperhatikan dan disiapkan bagi bumil yang hendak mudik atau melakukan perjalanan jauh yakni usia kehamilan. 

Melansir dari Whattoexpect, Dokter Eric Surrey menjelaskan bahwa ibu hamil bebas melakukan perjalanan selama kondisinya memungkinkan. “Jika ibu memiliki kehamilan yang sehat tanpa komplikasi, dapat melakukan perjalanan hingga sebulan sebelum hari perkiraan lahir (HPL),” ujar Endrokinolog dan spesialis kesuburan bersertifikat yang berpraktik di Colorado Center for Reproductive Medicine (CRM) di Lone Tree, Colorado tersebut. 

Banner Tips Menggoreng IkanTips Menggoreng Ikan/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Nah, untuk Bunda yang kehamilannya sehat walau dengan gejala hamil pada umumnya, bisa mudik nih untuk turut menyemarakkan Idul Fitri bersama keluarga besar di kampung halaman maupun di rumah mertua. 

Lantas berapa sih usia kehamilan yang aman untuk menempuh perjalanan untuk Bunda berbadan dua? Simak terus yuk, Bunda.

Batas usia kandungan yang aman untuk mudik

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi di Eka Hospital Cibubur, dr Alexander Mukti, Sp.OG menjelaskan sebaiknya usia kehamilan yang aman untuk bepergian jauh seperti mudik yakni di atas 16 minggu sampai 36 minggu. "Kalau terlalu besar sebaiknya jangan karena bisa melahirkan di perjalanan," ucapnya kepada HaiBunda.

Pregnant muslim woman with her muslim female doctor in clinic, Gynaecology consultationPregnant muslim woman with her muslim female doctor in clinic, Gynaecology consultation/ Foto: iStock


Selain itu, ia juga menyarankan agar ibu hamil yang mudik untuk perbanyak minum cairan selama perjalanan. "Kalau bisa sering mampir ke rest area saja karena bumil terutama yang sudah berada di trimester 3 kehamilan akan sering buang air kecil."

Selain itu, bumil juga perlu makan secara teratur. "Apabila perjalanan mudik panjang, sebaiknya tidak dipaksa jalan terus. Kalau bisa, bermalam di tengah jalan untuk istirahat," ujarnya.

Supaya perjalanan mudik terasa nyaman dan aman, berikut tips untuk ibu hamil di halaman selanjutnya.

Tengok juga yuk Bunda video tentang 3 kelebihan vaksin Pfizer sebagai syarat mudik:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS MENEMPUH PERJALANAN MUDIK YANG NYAMAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!