sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Perlengkapan Dasar untuk Bayi yang Harus Ada Jelang Persalinan, Catat Bun!

Tim HaiBunda   |   Haibunda Jumat, 13 May 2022 07:00 WIB
Ilustrasi perlengkapan bayi baru lahir Perlengkapan Dasar untuk Bayi/Foto: Getty Images/AsiaVision
Jakarta -

Calon Bunda yang sedang mempersiapkan kelahiran Si Kecil masih bingung mau membeli barang apa saja jelang persalinan? Sini yuk, Bubun bantu dalam menyusun daftar belanjaannya.

Paling tidak ada empat perlengkapan dasar untuk bayi yang harus ada jelang persalinan. Barang-barang ini adalah yang siap digunakan Si Kecil begitu ia lahir ke dunia. Ada pun perlengkapan bayi di luar keempat barang ini bisa Bunda beli disesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Apa sajakah keempat perlengkapan dasar bayi tersebut? Disimak berikut ini ya, Bun.

1. Popok


Ilustrasi popok bayi popok bayi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Milan_Jovic


Perlengkapan pertama yang harus Bunda siapkan adalah popok. Jenisnya bisa beragam ya, Bun bisa popok sekali pakai ataupun popok kain. Popok termasuk barang esensial karena bayi baru lahir biasanya akan ganti popok 10 - 12 kali sehari.

Kedua jenis popok ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk popok sekali pakai, kelebihannya adalah cukup praktis dan mudah digunakan. Cocok untuk digunakan saat berpergian atau saat malam hari ketika Si Kecil tidur. Sedangkan popok kain lebih ramah pada kulit bayi dan menghemat pengeluaran. Sebab, popok jenis ini bisa dicuci dan digunakan kembali.

2. Pakaian bayi

Pakaian bayi merupakan salah satu perlengkapan penting yang harus ada dan tidak boleh ketinggalan. Ketika berbelanja keperluan bayi, paling tidak sediakan 4 - 8 baju jumper pendek dan panjang. Usahakan Bunda membeli pakaian bayi yang mudah untuk dikenakan pada Si Kecil ya. Misalnya dengan baju yang memiliki kancing di selangkangan dan leher sehingga memudahkan ketika Si Kecil bersalin pakaian.

Lalu siapkan juga piyama yang nyaman, celana pendek, kaus dalam, dan jangan lupa beli juga sweater/jaket supaya Si Kecil tetap hangat. Di fase awal hidupnya, bayi juga umumnya membutuhkan sarung tangan untuk mencegah bayi mencakar diri sendiri. Lalu siapkan juga kaus kaki dan topi/kupluk. Ketiga benda ini harus ada untuk menambah kehangatan dan supaya bayi tetap aman.

3. Perlengkapan mandi

Selain pakaian dan popok, perlengkapan bayi yang harus awal disiapkan adalah peralatan mandi. Pilih sabun mandi, shampoo, dan handuk dengan bahan lembut dan bebas zat kimia. Ini dibutuhkan karena memang kulit bayi sangatlah sensitif.

Kemudian siapkan juga bak mandi yang didesain khusus untuk bayi, handuk, waslap, dan alas tidur tahan air. Alas tidur ini Bunda bisa gunakan perlak saja. Digunakan ketika bayi masih harus mandi di luar bak mandi. Selesai mandi, Si Kecil bisa dihangatkan lebih dulu dengan minyak telon. Pilih minyak jenis ini dari bahan alami dan tidak membuat Si Kecil alergi ya, Bun.

4. Bedong dan perlengkapan tidur

Untuk bayi baru lahir, bedong merupakan hal yang perlu disiapkan sejak awal. Saat ini sudah ada yang namanya bedong instan yang tidak terlalu mengekang bayi dengan kencang. Bedong ini tetap menghangatkan bayi dan menenangkannya ketika ia tertidur di malam hari.

Perlu Bunda ketahui bahwa bayi baru lahir kerap terbangun dengan terkaget. Bedong ini bisa membuat seolah-olah ia ditenangkan Bunda dengan cara didekap. Bahan dari bedong ini haruslah yang nyaman dan tidak membuat Si Kecil gatal/alergi.

Selain itu tempat tidur juga cukup penting. Siapkan ranjang khusus bayi yang empuk. Kemudian siapkan 4 - 5 seprei ganti yang lembut untuk alas tidur.

banner janin aktif di sebelah kiriFoto: haibunda.com/novita rizki

Itulah beberapa perlengkapan bayi yang perlu dipersiapkan ketika sedang menunggu kelahiran Si Kecil. Diingatkan sekali lagi, Bun untuk memilih perangkat yang terbuat bahan lembut dan aman untuk kulit bayi. Nah, selamat berbelanja ya, Bun. (PK)

Simak juga video berikut mengenai perawatan diri setelah melahirkan yang bisa mengencangkan kulit kendur. 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!