sign up SIGN UP search


kehamilan

Mengenal Baby Sprinkle, Apa Sih Bedanya dengan Baby Shower?

Nanie Wardhani   |   Haibunda Sabtu, 07 May 2022 17:50 WIB
Ilustrasi baby shower atau baby sprinkle caption

Kebahagiaan akan datangnya buah hati memang tidak ada habis-habisnya ya, Bunda. Selagi sabar menunggu dan menikmati detik-detik tendangannya di perut, ada beberapa perayaan kecil yang biasanya Bunda lakukan.

Mungkin, Bunda sudah pernah mendengar istilah baby shower. Baby shower adalah sebuah perayaan kecil bagi calon ibu dan Si Kecil yang masih dikandung. Baby shower biasanya dihadiri oleh kerabat dekat, seperti keluarga, dan teman dekat.

Namun, banyak orang merasa baby shower terlalu meriah dan ramai untuk dirayakan. Sehingga perlu adanya perayaan lainnya yang lebih sederhana, dan tentunya lebih intim. Perayaan sederhana ini dinamakan baby sprinkle.


Baby sprinkle akhir-akhir ini sedang viral dan dilakukan oleh banyak calon ibu saat kehamilan lho, Bunda. Bunda ingin mengikuti jejak calon ibu lainnya? Yuk kita ketahui dulu, apa arti baby sprinkle dan seperti apa acaranya.

Apa arti baby sprinkle?

Dibanding menghamburkan banyak uang dan terkesan boros seperti baby shower, baby sprinkle adalah sebuah perayaan yang sederhana dan santai. Pada pesta ini, orang tua tidak akan dihujani dengan berbagai jenis hadiah.

Dalam baby sprinkle, para keluarga, teman terdekat, atau tamu lainnya memberikan dukungan kepada para calon orang tua. Seperti yang dilansir dari What to Expect, baby sprinkle memang tidak semeriah baby shower. 

Acara baby sprinkle lebih santai, dan mungkin lebih mirip acara quality time antara bunda hamil bersama keluarga dan teman-teman terdekat. Mengingat acaranya santai, baby sprinkle biasanya berisi acara makan-makan atau berbincang santai.

Konsep baby sprinkle ini memang relatif baru, Bunda. Jadi tidak ada kebiasaan yang pasti atau harus dilakukan oleh penyelenggara. Hanya saja, Bunda perlu menentukan acara baby sprinkle akan seperti apa pada undangan.

Perbedaan antara baby sprinkle dan baby shower

Jika kita tarik kembali, maka ada perbedaan antara baby sprinkle dan baby shower. Perbedaan di antara keduanya bisa disimpulkan seperti berikut.

Baby sprinkle

Baby sprinkle adalah perayaan sederhana yang santai dan mengundang kerabat terdekat. Fokus dalam baby sprinkle adalah kehangatan dan dukungan dari orang-orang terdekat. 

Dalam perayaan ini pula biasanya para tamu tidak memberikan barang-barang mewah sebagai hadiah. Tetapi akan ada hadiah-hadiah kecil tapi bermanfaat seperti popok, atau tisu basah.

Perayaan ini juga biasanya dilakukan bukan untuk menyambut anak pertama, tetapi anak kedua, ketiga, dan seterusnya.

Baby shower

Berbeda dari baby sprinkle, acara dari baby shower cenderung lebih tertata rapi dan terorganisasi. Dalam baby shower, biasanya tamu undangan yang diundang untuk datang jauh lebih banyak.

Lalu perbedaan yang mencolok selanjutnya adalah baby shower biasanya diselenggarakan untuk menyambut anak pertama. Karena untuk anak pertama, maka hadiah yang diberikan pun lebih banyak perlengkapan bayi yang baru dan biasanya mahal.

Lalu, apa saja yang harus disiapkan untuk menyelenggarakan baby sprinkle?

Tips menyelenggarakan baby sprinkle

Berikut adalah tips-tips yang bisa Bunda lakukan untuk menyelenggarakan baby sprinkle, seperti yang dilansir dari Parents.

1. Waktu yang tepat

Waktu yang tepat untuk menyelenggarakan baby sprinkle adalah 2 atau 3 bulan sebelum perkiraan Si Kecil akan lahir. Pastikan Bunda bisa merencanakan waktu baby sprinkle dengan baik, ya.

2. Tempat dan dekorasi

Bunda bisa memilih tempat yang sederhana, seperti halaman belakang rumah, atau cukup hanya di ruang tamu yang cukup menampung para tamu. Karena sejatinya, baby sprinkle adalah acara yang santai dan ringan.

Tentu saja, dekorasi tetap menjadi hal yang penting. Bunda bisa memilih tema baby sprinkle yang sesuai dengan jenis kelamin calon bayi.

3. Jangan lupa siapkan permainan

Untuk lebih mencairkan suasana, Bunda bisa menyiapkan game atau permainan yang melibatkan para tamu. Harap diingat, siapkan game yang cenderung tidak sulit dan mudah untuk dilakukan.

Beberapa jenis game yang bisa Bunda siapkan adalah game kreatif seperti melipat kertas, tebak kata, dan seterusnya.

Ide lain yang bisa Bunda lakukan adalah mengajak para tamu untuk merias dan mendekorasi kamar yang nantinya akan ditempati oleh Si Kecil.

Itulah pengertian baby sprinkle dan perbedaannya dengan baby shower. Semoga bermanfaat ya Bunda.

 

[Gambas:Video Haibunda]



 

(som/som)
kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!