sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Ciri Tubuh Bunda Hamil Termasuk Sakit Pinggang Tanda Kehamilan

Tim HaiBunda   |   Haibunda Minggu, 15 May 2022 07:00 WIB
ilustrasi test pack Ilustrasi sakit pinggang tanda hamil/Foto: iStock
Jakarta -

Berita kehamilan sering kali menjadi salah satu hal yang sangat menggembirakan. Secara harfiah pengertian dari kehamilan sendiri adalah suatu proses yang terjadi pada wanita dari masa pembuahan hingga kelahiran bayi. Proses kehamilan sendiri dimulai ketika sel telur dibuahi oleh sperma yang kemudian tertanam di lapisan rahim dan kemudian berkembang menjadi janin lalu kemudian menjadi bayi.

Masa kehamilan sendiri terjadi kurang lebih selama 40 minggu dan biasanya dibagi menjadi tiga semester. Untuk trimester pertama terjadi pada usia 0 sampai dengan 12 minggu di mana pada masa ini struktur tubuh dan juga sistem organ bayi sedang berkembang.


Trimester kedua terjadi pada minggu ke 13 hingga minggu ke 28 di mana pada trimester ini terjadi fase perkembangan dan pertumbuhan janin. Pada masa ini biasanya efek atau ciri tubuh pada masa kehamilan seperti sakit pinggang tanda hamil, mual, pusing, dan ketidaknyamanan di trimester awal akan mulai berkurang.


Banner Penyebab Janin Menangis dalam KandunganBanner Penyebab Janin Menangis dalam Kandungan/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Sedangkan pada trimester ketiga yaitu pada usia kehamilan 29 minggu hingga 40 minggu biasanya merupakan fase maturasi atau fase matangnya organ dan juga pertumbuhan janin. Perlu dipahami bahwa ketika dalam setiap fase kehamilan, Bunda disarankan untuk mencari tahu informasi kesehatan yang terkait. Dengan begitu Bunda jadi tahu bagaimana menjalani kehamilan dengan optimal dan janin tumbuh dengan baik.

Pada masa kehamilan juga, biasanya Bunda hamil mengalami beberapa ciri-ciri pada tubuh sebagai tanda kehamilan. Tidak semua Bunda mengalami hal yang sama ya, Bun karena memang gejalanya cukup beragam. Nah hal inilah yang mungkin dapat diketahui oleh para calon Bunda agar dapat menangani gejala ini dengan baik.

Ciri-ciri tubuh sedang menjalani kehamilan

Tanda HamilTanda Hamil/ Foto: Getty Images/iStockphoto

1. Mual di pagi hari

Mual di pagi hari merupakan salah satu ciri tubuh yang paling banyak ditemui ketika seseorang mengalami kehamilan. Ciri ini merupakan salah satu hal yang paling menonjol, Bun. Ada yang mengalami mual ringan, namun ada juga ibu hamil yang mengalami gejala mual ini cukup berat hingga sampai membuat tubuh merasa lemas bahkan pingsan.

2. Mudah kelelahan

Ciri bahasa tubuh selanjutnya ketika hamil adalah tubuh Bunda jadi mudah merasa lelah. Hal ini disebabkan karena sebagian besar energi digunakan tubuh untuk membangun plasenta dan berbagai sistem pendukung untuk kehidupan janin. Maka dari itu Bunda butuh asupan vitamin untuk mendukung tambahan energi pada tubuh.

3. Sakit pinggang tanda hamil

Sakit pinggang tanda hamil merupakan ciri fisik yang juga sering timbul pada ibu hamil. Biasanya terjadi karena terjadinya perubahan pada hormonal. Sakit pinggang tanda hamil ini merupakan tanda yang normal dan dapat Bunda atasi dengan yoga dan merenggangkan badan. Olahraga ringan ini nantinya juga berguna kala Bunda menjalani proses persalinan.

4. Kurangnya nafsu makan

Ciri tubuh saat hamil berikutnya ini juga sering terjadi karena mual yang tiada henti. Apabila Bunda mengalaminya, disarankan untuk menambah vitamin dalam asupan harian Bunda. (PK)


Simak juga video berikut mengenai efektivitas alat KB yang bisa digunakan sebagai alat pengontrol kehamilan.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!