sign up SIGN UP search


kehamilan

9 Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid, Salah Satunya Jadi Emosian

Tim HaiBunda Selasa, 07 Sep 2021 14:26 WIB
Ilustrasi sakit caption
Jakarta -

Banyak sekali ditemukan kasus di mana seorang Bunda tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil. Atau jangan-jangan Bunda juga pernah merasakan hal ini?

Hal tersebut terjadi dikarenakan Bunda tidak mengetahui apa saja tanda-tanda hamil sebelum telat haid. Untuk mengantisipasi keterlambatan diketahuinya kehamilan pada seorang wanita, yuk simak sembilan tanda hamil sebelum telat haid yang umum dialami:

1. Suhu tubuh

Salah satu tanda umum terjadinya kehamilan sebelum telat haid adalah suhu tubuh Bunda cenderung akan tidak stabil. Suhu akan menurun dan tiba-tiba naik lagi, dan akan meningkat hingga 0,4-0,6 derajat celcius dari suhu tubuh pada umumnya.

2. Sering buang air

Tanda awal kehamilan selanjutnya adalah Bunda akan mengalami buang air yang sangat sering dan tidak sewajarnya. Hal tersebut dikarenakan mulai adanya penekanan pada kandung kemih akibat pertumbuhan janin di dalam rahim Bunda.


3. Kram

Selanjutnya jika Bunda mengalami kram pada area perut bawah, seperti ketika akan haid akan tetapi tidak ada darah haid yang keluar.

4. Mudah lelah

Tanda hamil sebelum telat haid selanjutnya adalah ketika Bunda merasa mudah capek dan lelah sepanjang hari. Hal tersebut dikarenakan produksi darah dalam tubuh meningkat dan hormon progresterone pada Bunda juga meningkat.

5. Mood Swing

Mood swing atau biasa dikenal dengan perubahan suasana hati/mood yang berlebihan. Hal tersebut terjadi akibat hormon yang di otak tidak stabil dan menjadikan emosi meningkat. Jadi jangan heran jika di fase ini Bunda jadi lebih sering nangis atau ngambek atas alasan yang enggak jelas.

6. Mual

Tanda yang satu ini adalah yang paling sering dialami oleh Bunda hamil atau biasa dikenal dengan morning sickness. Hal tersebut terjadi dikarenakan peningkatan hormon progesterone dan esterogen pada sang Bunda.

7. Penciuman lebih peka

Saat hamil, Bunda menjadi lebih peka terhadap penciumannya. Biasanya jika Bunda mencium bau sesuatu yang terlalu menyengat, Bunda akan terasa mual, pusing, bahkan muntah.

8. Sembelit

Tidak sedikit juga Bunda hamil mengalami sembelit di awal kehamilannya. Oleh sebab itu, sembelit dapat dijadikan sebagai tanda hamil sebelum telat haid. Hal tersebut terjadi akibat meningkatnya hormon progesterone dalam tubuh Bunda yang membuat proses pencernaan menjadi lambat.

9. Nyeri payudara

Ketika Bunda sedang hamil, maka hormon esterogen akan meningkat. Hal tersebut membuat payudara menegang dan timbul rasa nyeri.

Tak hanya itu, puting Bunda akan menjadi lebih gelap dan terasa gatal. Seiring berjalannya waktu dan bertumbuhnya janin dalam bayi, payudara ibu akan semakin berisi.

Demikian tadi adalah tanda hamil sebelum telat haid yang biasa terjadi oleh ibu hamil. Semoga setelah membaca artikel ini, Bunda menjadi lebih mengenali tanda kehamilan yang sedang ia alami. (PK)

Simak juga video berikut mengenai tujuh gejala yang dialami ketika hamil trimester pertama. 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!