sign up SIGN UP search


kehamilan

Rahasia Fanny Fabriana Tetap Fit Jalani Kehamilan Keempat di Usia 37 Tahun

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 20 Jul 2022 15:55 WIB
Fanny Fabriana caption
Jakarta -

Fanny Fabriana sama sekali tidak mengalami keluhan apa pun selama hamil anak keempat. Wanita 37 tahun ini hanya menjadi mudah lapar saat telat makan, Bunda.

"Keluhan yang berhubungan dengan kehamilan tidak ada, paling aku kayak misalnya telat makan, aku kayak lapar banget, harus cepat diisi," kata Fanny Fabriana saat wawancara dengan HaiBunda via Zoom, baru-baru ini.

"Kalau keluhan kehamilan tidak ada sama sekali karena kontrol rutin dan nutrisi yang aku dapat dari makanan termasuk baik, dan dokter juga sangat memerhatikan kondisi ibunya, yang diperiksa banyak dan detail, jadi semuanya dapat dikontrol," sambungnya.


Banner Cara Tingkatkan Daya Ingat Anak

Di kehamilan keempat ini, Fanny juga tetap aktif beraktivitas. Bahkan kini di usia kehamilan 37 minggu, Fanny masih bekerja dan mengurus tiga anaknya.

"Aku alhamdulillah tetap bisa melakukan aktivitas di pekerjaan aku, tetap aktif di rumah, dan masih bisa beraktivitas bareng sama anak-anak," ungkapnya.

Fanny mengaku bahwa dirinya enggak mau terlalu ambil pusing tentang pendapat orang mengenai kehamilannya. Semua komentar yang mengkhawatirkan justru dijadikan motivasi bagi Fanny agar bisa kuat menjalani kehamilan.

"Banyak teman bilang, hamil anak keempat apalagi caesar biasanya banyak banget risikonya, banyak enggak enaknya. Jadi, sebenarnya kata-kata itu yang bikin aku termotivasi buat aku kuat," kata Fanny.

"Aku juga konsultasi sama dokter, ternyata kondisi kesehatan, rahim, dan nutrisi aku sangat baik. Uniknya, aku ternyata bisa kok."

Fanny fokus pada diri sendiri saat hamil di usia 37 tahun

Bagi Fanny, sugesti positif dibutuhkan untuk Bunda yang sedang menjalani kehamilan seperti dirinya. Apalagi, Fanny tahu benar bagaimana kondisi kesehatannya dan janin dalam kandungan.

"Kita sebagai Bunda jangan kemakan sama omongan orang lain dan fokus sama diri sendiri, karena kehamilan itu butuh semangat dan sugesti yang baik, jadi harus bisa meng-cover semua pikiran dan hati dengan positif," ungkapnya.

Komentar lainnya yang cukup bikin enggak nyaman Fanny adalah soal berat badannya yang terlihat seperti tidak hamil. Baby bump Fanny memang baru tampak jelas saat memasuki trimester ketiga, Bunda.

Lalu apa yang Fanny sampaikan saat ada orang yang menanyakan kondisi janinnya?

"Aku dari hamil anak pertama sampai sekarang, tiap kali ketemu sama orang, dia enggak percaya aku hamil karena perut kecil, 'ini baby-nya enggak apa-apa?" kata Fanny.

"Tapi karena aku orangnya positif thinking dan aku tahu semua baik-baik saja, kalau ada yang bilang aku enggak masalah, itu jadi motivasi supaya makan yang benar. Jadi kalau ada yang begitu nih, bilang saja 'alhamdulillah baik-baik saja, doain ya'," lanjutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

(ank/pri)
kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!