sign up SIGN UP search


kehamilan

Program Hamil Alami dan IVF dengan Akupunktur, Ini Peranan serta Efektivitasnya

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Sabtu, 30 Jul 2022 11:55 WIB
Ilustrasi Pasangan Suami Istri Program Hamil Alami dan IVF dengan Akupunktur, Ini Peranan serta Efektivitasnya/ Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Teknik akupunktur medik bisa digunakan untuk program hamil alami dan bayi tabung lho, Bunda. Lalu bagaimana cara kerja serta efektivitasnya ya?

Program hamil atau promil dapat dilakukan oleh pasangan yang ingin memiliki momongan. Menurut dokter spesialis obstetri dan ginekologi, dr. Yassin Yanuar Mohammad SpOG-KFER, Msc, ada prinsip yang perlu dipahami pasangan suami istri yang ingin memiliki anak secara alami.

"Prinsipnya kalau ingin hamil itu melakukan hubungan seksual teratur 2 sampai 4 kali per minggu dan tidak menggunakan kontrasepsi. Apabila rutin melakukan selama setahun, maka 85 persen istri bisa hamil alami," kata Yassin dalam Virtual Press Conference 12 Tahun Inovasi Tanpa Henti bersama Bamed via Zoom, Kamis (28/7/22).


Bila selama setahun Bunda tak kunjung hamil, sebaiknya segera periksa ke dokter kandungan ya. Ayah juga bisa memeriksakan diri ke dokter andrologi untuk mengetahui kondisi kesehatan reproduksi.

Nah, setelah memastikan kondisi kesehatan, Ayah dan Bunda bisa memilih program hamil sesuai kebutuhan. Salah satu program yang bisa dilakukan adalah akupunktur medik.

Dokter spesialis akupunktur, dr. Athia Asparini, Sp.Ak, mengatakan bahwa akupunktur medik sudah dimasukkan dalam cabang ilmu kedokteran. Teknik akupunktur juga telah terbukti secara penelitian bisa meningkatkan keberhasilan dalam program hamil.

Bunda dapat menjalani akupunktur untuk mendapatkan kehamilan secara alami maupun saat menjalani program bayi tabung atau IVF (in vitro fertilization).

"Akupunktur juga terbukti secara penelitian dapat meningkatkan success rate terjadinya kehamilan dan meningkatkan keberhasilan kehamilan hingga kehamilan aterm," ujar Athia.

"Bahkan pada penelitian program bayi tabung atau IVF, akupunktur meningkatkan keberhasilan dari 33 persen menjadi 65 persen," sambungnya.

Kondisi suami istri bisa promil dengan akupunktur

Tatalaksana akupunktur bisa untuk program kehamilan alami dan bayi tabung. Berikut kondisi suami istri yang bisa program hamil dengan metode ini:

Kehamilan alami dengan akupunktur

  • Ada atau tidaknya masalah pada suami atau istri
  • Unexplained infertility
  • Kualitas sel telur tidak baik seperti pada PCOS (polycystic ovarian syndrome)
  • Permasalahan kualitas sperma
  • Program inseminasi

Program bayi tabung dengan akupunktur

Akupunktur dapat dilakukan sebelum tahap awal bayi tabung, yakni stimulasi ovarium atau sejak dimulainya stimulasi.

Lalu bagaimana cara kerja atau peran akupunktur dalam kehamilan alami dan program bayi tabung? Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 4 tanda khas ovulasi untuk menunjukkan masa subur, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
PERAN AKUPUNKTUR DALAM KEHAMILAN ALAMI DAN BAYI TABUNG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!