sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Kandungan dalam Mi Instan yang Dapat Membahayakan Kehamilan, Batasi ya Bun

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Kamis, 28 Jul 2022 16:40 WIB
ibu hamil makan mi instan 5 Kandungan dalam Mi Instan yang Dapat Membahayakan Kehamilan, Batasi ya Bun/Foto: Getty Images/iStockphoto/hxyume
Jakarta -

Tak sedikit Bunda yang ingin sekali menyantap mi instan walaupun sedang hamil. Makanan yang satu ini memang merupakan favorit banyak orang.

Meski lezat dan gurih, mi instan memang dikenal sebagai makanan kemasan yang kurang sehat. Sehingga tak mengherankan bila mi instan tidak direkomendasikan untuk ibu hamil karena kandungannya yang mungkin berpengaruh pada janin.

Mi instan kerap tidak dianggap sebagai pilihan makanan yang baik untuk ibu hamil karena mengandung karbohidrat dan natrium yang tinggi. Karena itu, menurut ulasan Momjunction, nilai gizi mi instan disebut sangat kecil, dan mengandung bahan pengawet yang dikhawatirkan mengganggu pertumbuhan janin. 
 
Untuk itu, pada masa hamil yang idealnya menjadi momen bagi Bunda untuk meningkatkan asupan nutrisi, banyak pakar kesehatan yang menyarankan Bunda untuk menjauhi konsumsi mi instan karena tidak support dengan kebutuhan asupan gizi Bunda yang seharusnya terpenuhi.
 
Meski begitu, terdapat juga saran yang menyatakan Bunda hamil masih bisa menyantap mi instan kok, tergantung bagaimana memasaknya. Apa benar begitu ya? Yuk simak terus, Bunda. 


Bolehkah ibu hamil makan mi instan?

Mengutip dari Beingtheparent, pola makan dan gaya hidup ibu hamil secara langsung atau tidak langsung dapat memengaruhi kesehatan janin yang tumbuh di dalam rahim. Jadi Bunda harus memastikan memiliki diet seimbang dan sehat. Sebagian besar, mi instan aman untuk ibu hamil, asalkan dikonsumsi dalam jumlah sedang. 
 
Bunda mungkin memilih langkah praktis untuk makan mi instan karena kehamilan menjadikan Bunda sering lapar. Sehingga memasak mi dalam hitungan menit sangat membantu memudahkan Bunda ya. Namun, makan mi instan secara teratur selama kehamilan akan sangat berbahaya tidak hanya untuk Bunda tetapi juga untuk bayi yang sedang tumbuh lho.
 
Untuk itu, merujuk pada ulasan Momjunction, berdasar saran para ahli medis, langkah terbaik adalah menjauhi mi instan selama kehamilan ya. Jika pun sangat terpaksa harus mengonsumsinya, Bunda harus memastikan tidak ada tambahan garam pada mi instan yang dibuat. Sertakan sayuran untuk membuatnya bergizi. Sayuran segar seperti kacang polong, capsicum, tomat, kentang mungkin bisa Bunda tambahkan sebagai penyerta.

Namun, tetap harus Bunda ingat, nasihat kesehatan paling penting terkait mi instan adalah menjaga konsumsi seminimal mungkin untuk keselamatan dan keberlangsungan Bunda dan Si Kecil ya.

Untuk tahu apa saja kandungan dalam mi instan yang mungkin membahayakan kehamilan, yuk kita simak halaman selanjutnya. 

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang makan mi instan saat hamil, berbahayakah untuk janin?

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
5 KANDUNGAN BERBAHAYA MI INSTAN UNTUK KEHAMILAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!