sign up SIGN UP search


kehamilan

11 Penyebab yang Mungkin Bikin Bunda Sulit Hamil, Termasuk Usia

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Senin, 01 Aug 2022 18:33 WIB
Penyebab sulit hamil 11 Penyebab yang Mungkin Bikin Bunda Sulit Hamil, Termasuk Usia/Foto: Getty Images/iStockphoto/LENblR
Jakarta -

Bunda, menginginkan momongan setelah menikah merupakan hal yang normal ya.  Apalagi jika pernikahan sudah memasuki usia ke sekian tahun. Tentu, ada rasa rindu memiliki seorang bayi yang mungil dan menggemaskan.

Namun, hidup kadang berjalan tidak sesuai harapan ya, Bunda. Ada banyak hal yang membuat nasib setiap orang berbeda, termasuk urusan momongan.

Ada yang menikah sebentar langsung hamil, bahkan tidak jarang Bunda yang sudah tidak ingin menambah anak, tahu-tahu kecolongan hamil. Ada, ada pula yang harus menunggu dan melakukan ekstra upaya untuk bisa hamil.


Melansir ulasan Verywell Family, jika belum kunjung hamil, Bunda mungkin bertanya-tanya, "Mengapa saya tidak bisa hamil?" Bunda mungkin khawatir bahwa Bunda tidak akan pernah mengalaminya.

Tentu saja ini sangat beralasan ya, sebab memang ada banyak kemungkinan alasan mengapa Bunda tidak hamil. Di antaranya bisa jadi karena ketidakteraturan ovulasi, masalah struktural dalam sistem reproduksi, jumlah sperma yang rendah, atau masalah medis yang mendasarinya. 

Tidak hanya itu, Bunda. Terdapat banyak faktor lain yang sebaiknya Bunda ketahui ya. Yuk kita lanjutkan.

Faktor yang bisa sebabkan Bunda sulit hamil

Masih berdasar ulasan Verywell Family, terdapat 11 alasan yang mungkin menyebabkan Bunda kesulitan hamil:

1. Tidak cukup lama mencoba

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah sudah berapa lama Bunda mencoba. Mungkin Bunda merasa telah banyak mencoba, tetapi penting untuk diketahui bahwa banyak pasangan tidak segera hamil meski sering melakukan hubungan seks.

Sekitar 80 persen dari pasangan bisa hamil setelah enam bulan mencoba. Sekitar 90 persen akan hamil setelah 12 bulan mencoba hamil. Tentu saja dengan asumsi Bunda melakukan hubungan seksual yang tepat setiap bulannya ya. 

2. Tidak berovulasi

Konsepsi manusia membutuhkan sel telur dan sperma. Jika tidak berovulasi, Bunda tidak akan bisa hamil. Anovulasi adalah penyebab umum infertilitas wanita dan dapat dipicu oleh banyak kondisi.

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah salah satu kemungkinan penyebab anovulasi. Kemungkinan penyebab lainnya termasuk kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan, insufisiensi ovarium primer, disfungsi tiroid dan olahraga berlebihan.  

3. Infertilitas pria

Masalah kesuburan tidak hanya terjadi pada orang yang ingin mengandung. Pada 20 persen hingga 30 persen pasangan pria-wanita tidak subur, pasangan pria memiliki masalah kesuburan. 40 persen, pasangan lainnya memiliki faktor infertilitas pada kedua pasangan.

Infertilitas pria jarang memiliki gejala yang dapat diamati tanpa analisis air mani, yaitu tes yang mengukur kesehatan air mani dan sperma.

Kita lanjut ke halaman berikutnya ya Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 tanda infertilitas pada wanita:

[Gambas:Video Haibunda]



program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
PENGARUH OBAT HINGGA INFERTILITAS YANG TIDAK BISA DIJELASKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!