sign up SIGN UP search


kehamilan

9 Penyebab Susah Hamil Paling Umum pada Pria dan Wanita, Bisa Dicegah kok Bun

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Jumat, 06 May 2022 07:00 WIB
Young couple at the doctor. Holding hands and looking on each other while doctor is showing the ultrasond picture of their future baby. caption

Jakarta - Bunda, salah satu tujuan menikah tentu saja untuk mempunyai keturunan ya. Walaupun bukan tujuan utama, untuk mereka yang sudah menikah dan belum dikaruniai momongan pasti menjadi tanda tanya tersendiri, mengapa? 
  
Mengutip Mayoclinic, dalam istilah medis, dikenal diagnosa bernama infertilititas untuk merujuk pada pasangan tidak subur yang mengalami kegagalan upaya hamil dalam satu tahun, Bunda. 

Dikutip dari Healthline,  Dr Janet Brito, terapis seks bersertifikat, menjelaskan infertilitas terjadi ketika pasangan tidak dapat hamil setelah melakukan hubungan seks teratur tanpa kondom. 

“Di seluruh dunia, 8 hingga 12 persen pasangan mengalami masalah kesuburan. Antara 45 dan 50 persen kasus diperkirakan berasal dari faktor yang memengaruhi pria,” ujar Pendiri Hawaii Center for Sexual and Relationship Health tersebut. 
  
Lalu apa saja faktor penyebab infertilitas yang beberapa di antaranya bisa Bunda cegah? Yuk, simak terus.


Penyebab paling umum infertilitas pada pria

Merujuk penjelasan My Clevelandclinic, beberapa faktor penyebab susah hamil ini tidak hanya merujuk pada Bunda ya, tetapi Ayah juga punya kondisi tersendiri yang memengaruhi kesuburannya. Seperti kondisi berikut ini:

1.  Usia

Seiring bertambahnya usia, kesehatan reproduksi Bunda juga mengalami penurunan kualitas ya, di antaranya jumlah sel telur yang lebih rendah, Bunda. Terutama pada pertengahan 30-an, dan turun dengan cepat setelah usia 37 tahun. 

Sementara itu, pada pria di atas usia 40 mungkin kurang subur jika dibandingkan dengan pria yang lebih muda.

Patient couple having doctor or psychologist consulting on marriage counseling, family medical healthcare therapy, fertility treatment for infertility, or psychotherapy session concept9 Penyebab Susah Hamil Paling Umum pada Pria dan Wanita, Bisa Dicegah kok Bun/ Foto: istock

2.  Merokok 

Keguguran lebih sering terjadi pada wanita yang merokok, Bunda. Merokok juga dapat meningkatkan risiko disfungsi ereksi dan jumlah sperma yang rendah pada pria.

3.  Konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol dapat menyebabkan infertilitas. Untuk pria, penggunaan alkohol berat dapat menurunkan jumlah dan kemampuan gerak sperma. Sementara untuk Bunda, tidak ada tingkat aman penggunaan alkohol selama pembuahan atau kehamilan.

Kita lanjut ke halaman berikutnya yuk Bunda.

Tengok juga video tentang 4 manfaat buah kiwi untuk promil, bisa konsumsi bersama Ayah juga.

[Gambas:Video Haibunda]



PENYEBAB KETIDAKSUBURAN PALING UMUM PADA PRIA DAN WANITA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!