sign up SIGN UP search


kehamilan

15 Kondisi Ini Bisa Sebabkan Bunda Alami Haid Dua Kali Sebulan

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Minggu, 31 Jul 2022 17:48 WIB
ilustrasi haid caption
Jakarta -

Haid sebulan sekali saja kadang cukup merepotkan ya, Bunda. Namun, ada wanita yang bahkan mengalami dua kali haid dalam satu bulan. Apa penyebabnya?

Siklus hormonal wanita memang menyebabkan perubahan mood yang cukup sulit dimengerti. Nah hal itu bisa menjadi salah satu penyebab Bunda mengalami haid dua kali dalam sebulan. Tak perlu khawatir berlebih ya, karena kondisi itu juga terjadi pada beberapa Bunda lain di seluruh dunia kok.
 
Melansir dari Womenshealthmag, mengalami dua kali haid dalam satu bulan mungkin membuat Bunda cemberut saat memikirkan dua kali lipat jumlah pembalut, rasa kram, dan pakaian dalam yang berpotensi terkena darah haid kembali.

Belum lagi tantangan mengalami fluktuasi hormon yang dapat menyebabkan gejala PMS seperti kelelahan, kembung, dan sensitif. 
 
Lantas apa saja ya penyebab Bunda bisa mengalami dua kali haid dalam satu bulan? Simak terus yuk. 


Penyebab haid dua kali sebulan

Menurut Lorraine Chrisomalis Valasiadis, Obgyn dari New York City, memiliki dua siklus normal dengan jenis perdarahan yang sama bisa sangat tergantung pada penyebabnya. Hal ini karena pendarahan tidak teratur dapat memiliki implikasi yang berbeda tergantung pada usia, riwayat medis, dan riwayat keluarga, Bunda.

Untuk itu, sebelum Bunda panik, ketahuilah bahwa mendapatkan haid lebih dari sekali sebulan juga bisa menjadi masalah genetika dan sama sekali tidak berbahaya (selain ketidaknyamanan). Dengan kata lain, itu bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. 

“Ada beberapa wanita yang mengalami siklus setiap 21 hari, dan itu normal. Dan ada juga yang mengalami siklus setiap 40 hari, dan itu normal," jelas Dr. Chrisomalis-Valasiadis. 

"Jadi, beberapa wanita hanya mengalami siklus setiap tiga minggu, tidak setiap empat minggu." Jelasnya lagi. 
 
Sementara itu, sekitar lima persen wanita dapat mengalami satu kali menstruasi diikuti dengan pendarahan pertengahan siklus, kata Anne Rhee, MD, asisten profesor ilmu kebidanan, kandungan, dan reproduksi di Mount Sinai. "Perdarahan pertengahan siklus terjadi selama ovulasi karena peningkatan hormon luteinizing (LH surge). Biasanya ringan dan berlangsung dua hingga tiga hari hanya di tengah siklus," jelasnya.
 
Jika Bunda tidak hanya memiliki siklus yang berada di ujung spektrum yang lebih pendek, menstruasi Bunda mungkin terkait dengan kondisi medis atau pengendalian kelahiran. Meskipun sebagian besar alasannya tidak cukup membahayakan, Bunda lebih baik menemui dokter agar dapat membantu mengidentifikasi penyebabnya dan memulai perawatan lebih awal jika diperlukan.

Kita lanjut ke halaman berikutnya yuk Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang yuk pelajari cara hitung siklus haid.

[Gambas:Video Haibunda]



program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
15 KONDISI YANG BISA SEBABKAN HAID DUA KALI SEBULAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!