sign up SIGN UP search

kehamilan

Ketahui Waktu Tepat Menggunakan Test Pack setelah Berhubungan Seks

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Jumat, 26 Aug 2022 21:20 WIB
ilustrasi test pack caption
Jakarta -

Waktu yang tepat menggunakan test pack setelah berhubungan intim menjadi kunci keakuratan hasil dari test pack. Karena itu, pastikan waktu yang dipilih tepat sehingga hasilnya pun valid.

Menunggu hasil test pack sering kali bikin deg-degan. Apalagi kalau hasilnya samar ya, Bunda. Bukannya tenang malah tambah bikin panik. Enggak jarang, banyak Bunda yang kemudian melakukan test pack ulang di hari berikutnya.

Ya, bagi Bunda yang menanti kehamilan, melakukan tes kehamilan memang momen yang dinanti-nanti. Tidak jarang, saking enggak sabarnya banyak Bunda yang melakukan test pack terlalu dini.


Waktu tepat menggunakan test pack

Melansir Pregnancychoice, semakin awal Bunda melakukan test pack kehamilan, semakin tidak akurat hasilnya. Apalagi, bila Bunda melakukan tes sebelum Bunda melewatkan masa menstruasi atau kurang dari dua minggu setelah berhubungan seks sehingga dapat menyebabkan hasil negatif.

Beberapa wanita juga tak jarang melakukan tes terlalu dini dan menganggap mereka tidak hamil. Ini mungkin bisa sangat membingungkan jika mereka melihat atau berdarah selama trimester pertama membuat mereka percaya bahwa mereka telah menstruasi.

Kemudian, banyak juga wanita yang melakukan tes sesuai dengan aturan dua minggu. Ini artinya mereka menunggu untuk melakukan tes sampai dua minggu setelah berhubungan seks tanpa pengaman. Biasanya, tes ini dapat memberikan hasil yang akurat untuk wanita yang memiliki siklus 28 hari yang dapat diprediksi dan yang berovulasi sekali dan pada interval yang teratur.

Namun, beberapa siklus wanita tidak dapat diprediksi atau obat-obatan seperti pengendalian kelahiran dan antibiotik dimana dapat mengubah siklus dan tanggal ovulasi. Bahkan, stres pun dapat menyebabkan gangguan siklus menstruasi dan juga masa subur ya, Bunda.

Jadi, Bunda sebaiknya menggunakan test pack di hari pertama terlambat haid atau 2 minggu setelah berhubungan intim. Supaya hasilnya lebih akurat, lakukan saat terlambat haid 1-2 minggu. Jadi bila hasilnya positif, Bunda mungkin sudah hamil 6-7 minggu.

Klik di halaman selanjutnya untuk ulasan lebih lengkapnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 cara tes kehamilan dengan test pack agar hasilnya akurat.

[Gambas:Video Haibunda]



program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
WAKTU YANG TEPAT MENGGUNAKAN TEST PACK SETELAH BERHUBUNGAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!