sign up SIGN UP search


kehamilan

12 Arti Mimpi Hamil Lengkap dengan Maknanya, Ada yang Mau Dapat Rezeki

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Selasa, 12 Jul 2022 20:35 WIB
Ibu Hamil caption
Jakarta -

Bunda pernah mengalami mimpi hamil? Hingga kini, banyak orang masih percaya kalau mimpi hamil bisa memiliki banyak arti lho.

Mimpi hamil dapat dialami wanita yang sudah menikah atau belum menikah. Mimpi ini juga dapat muncul saat Bunda sedang hamil.

Secara umum, mimpi adalah aktivitas bawah sadar yang normal dialami manusia. Selama masa hidupnya, setiap orang pasti pernah bermimpi. 


Spesialis Rehabilitasi Psikososial, Kendra Cherry, MS, mengatakan bahwa mimpi mencakup gambar, pikiran, dan emosi yang dialami seseorang selama tidur. Mimpi dapat berisi hal yang luar biasa intens, emosional atau bahkan membosankan dan membuat bingung, Bunda.

"Beberapa mimpi ada yang menyenangkan, sementara yang lain bisa menakutkan atau menyedihkan. Terkadang mimpi dapat memiliki narasi yang jelas, namun banyak juga yang tampak tidak masuk akal sama sekali" kara Cherry, dilansir Very Well Mind.

Teori tentang mimpi

Banyak peneliti percaya, bermimpi sangat penting untuk kesejahteraan mental, emosional, dan fisik. Namun, para peneliti belum yakin dengan alasan sebenarnya manusia bermimpi.

Psikolog klinis, Marney A. White, PhD, MS, mengatakan bahwa hingga kini, teori tentang mimpi sudah banyak dijelaskan oleh pakar. Beberapa ilmuwan bahkan menyatakan bahwa mimpi tidak memiliki tujuan sama sekali, Bunda.

"Banyak peneliti melihat mimpi hanya sebagai hasil dari aktivitas otak yang acak. Tapi yang lain percaya bahwa mimpi adalah cara manusia untuk menghadapi atau melalui drama emosional dalam hidupnya," kata White, dikutip dari Healthline.

Selama fase bermimpi, otak manusia akan bekerja pada tingkat yang jauh lebih emosional daripada saat dia terjaga. Bermimpi dapat menjadi cara adaptasi evolusioner untuk membantu mengatasi stres.

Selain itu, mimpi dianggap sebagai pengalaman sensorik yang paling sering terjadi selama tidur. Aktivitas tidur ini dapat dibentuk oleh apa pun yang Bunda pikirkan saat terlelap atau sesuatu yang dialami ketika terjaga.

ilustrasi ibu hamil tidurIlustrasi mimpi hamil/ Foto: iStock

Mimpi hamil

Mimpi dapat muncul secara acak pada setiap orang. Bunda bisa bermimpi hamil, meski sedang tidak hamil.

Menurut kepercayaan masyarakat, mimpi hamil bisa memiliki arti tertentu lho. Sebuah studi yang dilakukan oleh University of North Carolina menunjukkan, mimpi tentang kehamilan sangat umum bagi wanita yang tidak hamil. Mengutip laman Psych News Daily, studi ini meneliti lebih dari 100 wanita hamil dan tidak hamil.

Hasil penelitian menemukan bahwa 83 persen responden yang tidak hamil bermimpi hamil. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa tampaknya bermimpi hamil merupakan cara mereka untuk mempersiapkan diri menjadi ibu di masa depan.

Arti mimpi hamil

Melansir dari berbagai sumber, berikut 10 arti mimpi hamil yang perlu Bunda tahu:

1. Arti mimpi hamil dan sudah menikah

Ada beberapa arti mimpi hamil bila dialami seorang Bunda yang sudah menikah. Berikut arti mimpinya:

  • Penulis Dream Dictionary, David C. Lohff, percaya bahwa mimpi kehamilan dapat mewakili ketakutan seorang perempuan yang diliputi perasaan tidak layak menjadi ibu.
  • Penerjemah mimpi, Russell Grant, mengatakan bahwa mimpi hamil merupakan pertanda adanya masa-masa sulit yang akan dilalui. Kesulitan tersebut tidak berkaitan dengan kehamilan.
  • Secara umum, banyak yang percaya bahwa arti mimpi hamil bisa berarti keinginan orang itu untuk hamil, Bunda. Mimpi disebut sebagai manifestasi dari keinginan, ketakutan, dan kekhawatiran kita yang mendalam terhadap kehidupan.

2. Arti mimpi hamil tapi belum menikah

Berikut arti mimpi hamil bagi wanita yang belum menikah:

  • Mimpi hamil bagi wanita belum menikah bisa berarti sebuah kedewasaan. Si pemimpi akan berada dalam sebuah tahapan kemajuan spiritual, Bunda. Ia dapat membuat keputusan yang bijaksana, mempertimbangkan pro dan kontra dan mempertimbangkan dampaknya terhadap orang-orang di sekitarnya.
  • Arti mimpi bagi wanita belum menikah lainnya adalah tentang perubahan. Mimpi ini dapat berarti Bunda akan mendapatkan ide dalam pikiran dan tak takut untuk mengambil risiko.
Ibu HamilIlustrasi mimpi hamil/ Foto: Getty Images/iStockphoto

3. Arti mimpi hamil besar di trimester 3

Arti mimpi hamil lainnya dikaitkan dengan kemajuan di tempat kerja. Mimpi ini berlaku bagi Bunda yang mimpi hamil besar di trimester tiga. Melansir dari The Cut, arti mimpi hamil besar ini bisa berarti hal yang sedang dikerjakan akan segera membuahkan hasil.

4. Arti mimpi hamil muda

Mimpi hamil muda dapat berarti hidup baru bagi orang yang mengalaminya. Hal ini juga dapat diartikan bahwa diri kita sedang melakukan pengenalan diri atau sedang berpikir untuk melakukan sesuatu yang baru, Bunda.

Mimpi hamil muda juga sering dikaitkan dengan pertanda baik. Seseorang yang bermimpi ini akan mendapatkan sesuatu yang membahagiakan, seperti harta atau kekayaan.

5. Arti mimpi hamil dan mengalami morning sickness

Arti mimpi hamil ini mungkin menunjukkan kegelisahan emosional tentang sesuatu dalam hidup Bunda yang sedang berkembang.

"Proses apa pun yang terjadi, bisa hubungan atau sesuatu yang terasa tidak benar. Jadi Anda perlu bertanya pada diri sendiri, apakah ini hanya proses alami atau ada semacam aspek tidak sehat dari hal ini yang perlu saya perhatikan dan perbaiki?" kata analis mimpi profesional, Lauri Loewenberg.

6. Arti mimpi hamil lalu mengalami pendarahan

Mimpi hamil lalu mengalami perdarahan bisa berarti tanda bahwa Bunda sedang merasa lelah. Mimpi ini dapat menjadi cerminan dari kecemasan dan ketakutan saat Bunda hamil.

"Memimpikan Perdarahan selama kehamilan biasanya bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan, meskipun Anda akan sangat tidak ingin melihatnya bahkan di dalam mimpi, terutama selama trimester pertama, di mana perdarahan menjadi kekhawatiran hampir semua wanita hamil," kata Loewenberg.

Meski begitu, arti mimpi ini bisa menjadi peringatan untuk Bunda agar lebih memperhatikan kesehatan. Bunda juga perlu selalu positive thinking selama masa kehamilan.

7. Arti mimpi hamil tapi bukan bayi manusia

Meski terdengar seram, arti mimpi hamil ini bisa berarti pertanda baik, Bunda. Mimpi ini dapat menunjukkan tentang perkembangan baru dalam hidup yang terjadi bukanlah sesuatu yang asing.

"Itu tidak terasa asing bagi kita. Ini akan menjadi pesan dari alam bawah sadar bahwa kita perlu membiasakan diri dengan situasi baru," ujar Loewenberg.

8. Arti mimpi hamil bayi kembar

Mimpi hamil bayi kembar juga banyak dialami para Bunda. Berikut beberapa arti hamil bayi kembar:

  • Mimpi bayi kembar dapat berarti pertanda baik, Bunda. Banyak yang mengaitkannya dengan kesuksesan yang besar dan berlipat ganda.
  • Bunda mungkin sedang dihadapkan dengan dua pilihan dan sulit memutuskan apa yang harus dipilih.
  • Mimpi ini juga dapat menjadi pertanda perubahan penting dalam hidup.
  • Mimpi hamil anak kembar menunjukkan rasa khawatir dengan tanggung jawab menyambut momongan.
  • Kemungkinan arti mimpi hamil anak kembar bisa jadi tanda sedang mengkhawatirkan kesehatan diri sendiri.
Ibu HamilIlustrasi mimpi hamil/ Foto: Getty Images/iStockphoto

9. Arti mimpi hamil yang menakutkan

Dr. Tore Nielsen di University of Montreal mengatakan bahwa mimpi hamil yang menakutkan dapat dikaitkan dengan kondisi yang terjadi pada diri sendiri. Penelitian dari awal 2000-an menunjukkan bahwa arti mimpi ini menjadi tanda adanya kecemasan dalam diri sendiri terkait kehamilan yang sebenarnya.

"Arti mimpi hamil seperti ini mungkin mencerminkan kekhawatiran yang normal, kecemasan tentang persalinan, atau masalah tidur seperti insomnia. Ada kemungkinan bahwa mimpi mendukung fungsi regulasi emosi, terutama selama periode transisi hidup yang cepat," ujar Nielsen, dilansir dari Cosmopolitan.

10. Arti mimpi teman dekat hamil

Ada beberapa tafsir atau arti mimpi orang terdekat hamil, Bunda. berikut artinya:

  • Bila kita bertemu lebih dari satu teman atau banyak orang hamil, artinya kita akan mendapatkan tambahan uang.
  • Arti mimpi ini bisa menunjukkan bahwa Bunda perlu bersikap dewasa sekarang, termasuk dalam membuat keputusan.
  • Dalam urusan pekerjaan, arti mimpi ini melambangkan keterbukaan untuk berkembang. Misalnya, berani mengambil risiko untuk menjadi lebih baik dalam sebuah proyek.
  • Arti mimpi ini juga bisa berhubungan dengan kesuksesan dan keinginan untuk mencapai level tertinggi dalam karier.

11. Arti mimpi hamil bayi laki-laki

Mimpi mengandung anak laki-laki dapat mewakili harapan sekaligus kecemasan Bunda tentang persalinan. Mimpi ini dapat membawa emosi dan perasaan yang sebelumnya belum pernah  dirasakan. Di beberapa kebudayaan, mimpi hamil anak laki-laki ini dapat menjadi pertanda bila persalinan akan mudah.

Tapi, bila Bunda sedang tidak hamil, mimpi ini memiliki arti yang lain. Mimpi mengandung anak laki-laki bisa menjadi pertanda positif di masa depan, seperti finansial yang cukup atau adanya peluang baru dalam pekerjaan.

12. Arti mimpi hamil anak perempuan

Arti mimpi hamil ini dapat mewakili inner child, yakni kondisi saat seseorang sudah berusia dewasa, namun masih menyimpan emosi masa kecil yang tidak terlalu menyenangkan.

Mimpi hamil bayi perempuan juga dapat diartikan sebuah kesenangan, kegembiraan, kekayaan, serta keberuntungan bagi orang tersebut. Mimpi ini dikatakan sebagai simbol langsung feminitas dan mewakili kemampuan untuk menciptakan kehidupan dari dalam (janin) dan untuk memelihara pertumbuhannya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 10 hal yang harus dihindari saat hamil 8 bulan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!