sign up SIGN UP search

kehamilan

Coba 4 Buah Ini untuk Tunda Kehamilan secara Alami, Minim Risiko Bun

Meita Fajriana   |   Haibunda Rabu, 18 Aug 2021 08:15 WIB
Fresh pineapple with slices on the wood texture background caption
Jakarta -

Bagi pasangan suami istri, kehamilan merupakan hadiah terbesar dan berharga. Namun, faktanya tidak semua pasangan menikah sudah merasa siap untuk memiliki anak

Jika Bunda termasuk yang hendak menunda kehamilan, ada sejumlah cara untuk dicoba. Salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan tertentu.

Ada beberapa buah-buahan yang memang tidak disarankan untuk Bunda yang sedang hamil karena dapat memicu kontraksi hingga keguguran. Apa saja buah-buahan tersebut? Simak terus penjelasannya ya Bunda. 


Melansir dari laman WebMD, selama ini kita tahu buah-buahan memiliki manfaat kesehatan yang tak terhitung banyaknya. Tetapi semuanya berubah selama kehamilan, terutama selama trimester pertama, ketika ibu berisiko tinggi mengalami keguguran. 

Ada buah-buahan tertentu yang bila dikonsumsi dapat menyebabkan pelebaran serviks dan menyebabkan kontraksi bagian dalam rahim yang dapat menyebabkan keguguran. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari buah-buahan ini ketika hamil. Namun jika Bunda berencana untuk menunda kehamilan, mengonsumsi buah-buahan ini merupakan cara alami yang bisa dilakukan. 

Berikut deretan buah-buahan yang dapat membantu Bunda menunda kehamilan yang dirangkum dari Healthline. Ingat ya Bunda, buah-buahan ini harus dihindari saat sedang hamil terutama di trimester pertama, karena dapat menyebabkan keguguran. 

1. Nanas

Rasa manis dan gurih dari buah ini tentu memanjakan lidah. Namun, selama kehamilan mengonsumsi buah ini bisa berbahaya dan menyebabkan keguguran. Nanas mengandung bromelain, yang menyebabkan kontraksi di rahim dan melunakkan leher rahim yang menyebabkan kerusakan pada janin atau menghindari Bunda dari kehamilan. 

Ilustrasi nanasIlustrasi nanas untuk menunda kehamilan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/ASMR

2. Pepaya

Sejak lama pepaya telah digunakan sebagai makanan untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Mengonsumsi pepaya selama kehamilan adalah tidak tepat. Hal ini disebabkan adanya enzim aktif membuat kontraksi di dalam rahim, yang menyebabkan keguguran. 

Buah ini sangat merusak selama kehamilan sehingga dapat menyebabkan nyeri hebat hingga persalinan prematur. Oleh karena itu, menghindarinya adalah kunci untuk tetap aman dan sehat selama kehamilan. Namun sebaliknya mengonsumsi buah-buahan ini bisa membantu Bunda mencegah kehamilan. 

Healthy and fresh cut papaya fruit or sliced ​​papaya, served in a bowlBuah pepaya untuk menunda kehamilan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Tyas Indayanti

Klik halaman berikutnya untuk tahu buah-buahan yang lain ya Bunda.

Simak juga video tentang pil kontrasepsi darurat di bawah ini ya:
[Gambas:Video Haibunda]



BUAH-BUAHAN UNTUK MENUNDA KEHAMILAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!