sign up SIGN UP search

kehamilan

Pilih Kabarkan Kehamilan saat Positif atau Usai Trimester 1? Ketahui Waktu Terbaik

Siti Masitoh   |   Haibunda Jumat, 18 Nov 2022 21:40 WIB
WAKTU YANG TEPAT KABARKAN KEHAMILAN
kabarkan kehamilan caption

Alasan bumil tunda kabarkan kehamilan

Bagaimana cara mengumumkan kehamilan itu terserah setiap individu ya Bunda. Ada yang membuat postingan lucu di media sosial untuk memberi tahu orang lain tentang kehamilannya, terutama di era digital seperti saat ini.

Melansir laman Insider.com, Bunda tidak perlu perlu memberi tahu keluarga atau teman pada saat yang sama bahwa sedang hamil. Jika mengalami gejala kehamilan sejak dini yang menyebabkan stres, pilih untuk memberitahu beberapa orang terpercaya sebelum membuat pengumuman kepada publik. Dukungan sejak ini akan membantu kesejahteraan emosional Bunda selama kehamilan lho.

Kenapa banyak yang memilih mengabarkan kehamilan lebih lambat? Mengumumkan setelah 12 minggu mungkin terasa lebih aman bagi bumil berisiko tinggi.


Banner Berat Badan Bayi

Terkadang wanita memiliki risiko kehamilan lebih tinggi sehingga dapat menjadi predisposisi komplikasi selama kehamilan. Hal itu disebabkan beberapa faktor.

  1. Riwayat keguguran, peluang wanita untuk mengalami keguguran lebih besar jika pernah mengalami keguguran sebelumnya.
  2. Membawa banyak, membawa anak kembar atau kembar tiga menyebabkan risiko keguguran yang lebih tinggi sejak dini dan risiko komplikasi kehamilan yang lebih tinggi di kemudian hari.
  3. Kondisi kesehatan tertentu, jika memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, kelebihan berat badan secara signifikan atau memiliki kondisi medis yang ada, maka Bunda berada pada peningkatan risiko komplikasi selama kehamilan.
  4. Lebih tua dari 35 tahun, dokter menyebut usia ibu yang lanjut ini meningkatkan risiko keguguran dan risiko komplikasi selama setiap trimester.
  5. Menggunakan bantuan kesuburan, seperti IVF, tantangan kesuburan muncul karena berbagai alasan, tetapi seringkali ada lebih dari satu hal yang terjadi, seperti usia lanjut, keguguran sebelumnya, bersama dengan masalah medis.

Bunda masih bergulat dengan waktu kapan harus mengabarkan kehamilan? Yang perlu diingat, tidak ada waktu yang benar atau salah karena hal ini merupakan keputusan individu. Bunda dan Ayah sendirilah yang mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membagikan kabar kehamilan.

(pri/pri)
kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!