sign up SIGN UP search

kehamilan

Gen Penentu Jenis Kelamin Bayi Ternyata Berasal dari Ayah

Siti Masitoh   |   Haibunda Senin, 07 Nov 2022 19:30 WIB
Unrecognizable young father with his newborn baby son, lying on bed in bedroom caption
Jakarta -

Selama ini orang-orang mungkin mengira bahwa jenis kelamin bayi yang lahir bergantung pada ibunya. Faktanya, Ayahlah yang bertanggung jawab atas hal itu lho Bunda. Melansir laman Timesofindia.com, selama periode waktu tertentu, ilmu pengetahuan menjelaskan bahwa sperma pria menentukan jenis kelamin bayi.

Hal ini tergantung pada apakah spermanya membawa kromosom X atau Y. Sebab wanita membawa dua kromosom X, jika sperma pria membawa X, seorang bayi perempuan akan lahir dan jika spermanya membawa kromosom Y, itu akan menjadi laki-laki. 

Gen Ayah menentukan jenis kelamin bayi 

Menurut Corry Gellatly, Peneliti utama di Universitas Newcastle, seorang pria yang memiliki lebih banyak saudara laki-laki cenderung memiliki anak laki-laki, sedangkan seorang pria dengan lebih banyak saudara perempuan cenderung memiliki anak perempuan.


Studi menunjukkan bahwa ada gen yang belum ditemukan, ini menentukan apakah sperma pria mengandung lebih banyak kromosom X atau Y yang pada akhirnya berdampak pada jenis kelamin Si Kecil.

"Studi silsilah keluarga menunjukkan bahwa apakah Anda cenderung memiliki anak laki-laki atau perempuan diwariskan. Kita sekarang tahu bahwa laki-laki lebih cenderung memiliki anak laki-laki jika mereka memiliki lebih banyak saudara laki-laki tetapi lebih mungkin untuk memiliki anak perempuan jika mereka memiliki lebih banyak saudara perempuan. Namun, pada wanita, Anda tidak bisa memprediksinya," kata Corry Gellatly.

Studi kasus 

Pada negara yang ikut serta dalam Perang Dunia I, terjadi peningkatan jumlah anak laki-laki yang lahir setelahnya lho. Melansir laman Wickedlocal.com, tahun setelah Perang Dunia I berakhir, lahir dua anak laki-laki tambahan untuk setiap 100 anak perempuan di Inggris.

Melansir laman Utswmed.org, misalnya di Inggris sekitar tahun 1900, terdapat 50,8 persen kelahiran adalah anak laki-laki. Setelah Perang Dunia I dan II, tingkat kelahiran laki-laki meningkat menjadi 51,6 persen.

Hal itu mungkin tidak tampak seperti perbedaan yang besar ya Bunda, tetapi ternyata menghasilkan 32 lebih banyak anak laki-laki daripada anak perempuan yang lahir untuk setiap seribu kelahiran. Perubahan serupa terlihat di negara-negara Eropa lainnya juga setelah perang ini.

Setelah perang dunia terjadi, peningkatan jumlah anak laki-laki meningkat bukan tanpa alasan, Selama masa perang tentu banyak korban tentara laki-laki, keluarga-keluarga tersebut cenderung memiliki lebih banyak anak laki-laki yang masih hidup.

Kemudian, saat mereka, kemungkinan besar akan memiliki bayi laki-laki. Hal ini dapat menjelaskan peningkatan sementara rasio jenis kelamin untuk periode waktu tersebut.

Klik halaman berikutnya untuk tahu lebih lanjut tentang gen Ayah.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 cara tingkatkan kemungkinan hamil anak laki-laki.

[Gambas:Video Haibunda]



program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
HAL YANG MUNGKIN DITURUNKAN AYAH KE BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!