sign up SIGN UP search


kehamilan

Bunda, Sistem Kalender Cina Bisa Memprediksi Jenis Kelamin Janin Lho

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Jumat, 06 May 2022 11:10 WIB
Beautiful young Asian pregnant woman relaxing on sofa in the living room at cozy home. Drinking a glass of fresh milk and using smartphone. Wellbeing, healthy eating lifestyle during pregnancy caption

Jakarta - Bunda, prediksi jenis kelamin janin bisa dilakukan melalui banyak cara ya. Cara medis tentu saja menjadi cara paling ilmiah. Namun tidak jarang kita temui cara-cara tradisional yang sudah menjadi bagian tradisi masyarakat.

Salah satunya adalah memprediksi jenis kelamin janin berdasarkan kalender Cina, Bunda. Bagaimana caranya? Simak yuk.

Melansir dari Baby Chick, asal muasal prediksi kelamin janin menggunakan kalender Cina bermula dari penemuan kalender Tiongkok sekitar 700 tahun lalu di sebuah makam kuno kerajaan Dinasti Qing Tiongkok (1644-1911 M).


Berdasarkan pada I Ching, atau Kitab Perubahan, yang terdiri dari lima elemen (logam, air, kayu, api, dan tanah), yin dan yang dan pa kua (delapan trigram). Dikatakan bahwa kalender gender Tiongkok diandalkan oleh keluarga kekaisaran Dinasti Qing untuk pemilihan gender anak laki-laki, Bunda. 

banner janin aktif di sebelah kiriJanin aktif di sebelah kiri/ Foto: haibunda.com/novita rizki

Namun, kalender tersebut kemudian tersebar dalam surat kabar pada 1972 oleh seorang sarjana Tiongkok. Alhasil, menjadi informasi luas yang bisa dipraktikkan oleh siapa saja, Bunda. Lantas seberapa akurat kah perhitungan kalender Cina untuk memprediksi kelamin janin? Dan bagaimana caranya? Yuk kita lanjutkan.

Akurasi sekitar 50 persen

Melansir dari Babycentre, para peneliti di University of Michigan School of Public Health pernah melakukan penelitian untuk menguji metode kalender Cina ini, Bunda. Tim peneliti meninjau catatan dari 2,8 juta kelahiran di Swedia.

Mereka lalu menggunakan algoritme yang disesuaikan dengan situs web untuk memperkirakan usia ibu hamil dan bulan konsepsi. Hasilnya, mereka menyimpulkan keakuratan kalender Cina untuk menebak jenis kelamin anak adalah sekitar 50 persen. 

Young Asian pregnancy woman holding tummy with both hands sitting on sofa at home. Pregnant girl look, touch at stomach. Feeling of baby inside belly. Thinking of newborn infant be delivered in futureBunda, Sistem Kalender Cina Bisa Memprediksi Jenis Kelamin Janin Lho / Foto: Getty Images/iStockphoto

Adapun cara menggunakan kalender Cina ini cukup mudah, Bunda. Yakni dengan mengambil tanggal lahir Bunda dan estimasi waktu konsepsi atau tanggal lahir bayi. Kedua hal tersebut lalu dikonversi menjadi usia bulan Bunda saat hamil dan tanggal bulan konsepsi. Hasilnya bisa langsung didapatkan jenis kelamin janin dalam kandungan.
 
Beberapa ibu hamil yang sudah mempraktikkan mengklaim menggunakan kalender Cina bisa sampai 93 persen akurat dalam memprediksi jenis kelamin janin, Bunda. Dan karena ini didasarkan pada usia dan bulan mengandung, Bunda dapat berkonsultasi dengan grafik kapan saja selama kehamilan.

Selain cara tradisional menggunakan kalender Cina, ada beberapa cara nonmedis lain untuk memperkirakan jenis kelamin bayi lho. Mau tahu? Simak di halaman berikutnya yuk Bunda.

Saksikan juga yuk video tentang bentuk perut bisa tentukan jenis kelamin bayi? 

[Gambas:Video Haibunda]



program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
CARA TRADISIONAL LAIN PREDIKSI JENIS KELAMIN JANIN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!