sign up SIGN UP search

kehamilan

Kelebihan dan Efek Samping KB Suntik 1 Bulan, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Sabtu, 12 Nov 2022 07:00 WIB
Kb suntik caption
Jakarta -

Alat kontrasepsi KB suntik 1 bulan bisa menjadi pilihan program hamil untuk Bunda nih. KB suntik 1 bulan dikenal juga dengan nama suntik kombinasi.

Menurut Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Paruh Waktu di RS Hermina Jatinegara, dr. Adila Rossa Amanda Malik, Sp.OG, KB suntik 3 bulan menggunakan dua turunan hormon estrogen dan progesteron. Alat KB ini tidak menimbulkan banyak efek samping, Bunda.

"KB suntik 1 bulan ini juga sering disebut KB suntik kombinasi. Jenis kontrasepsi ini tidak menimbulkan efek samping, seperti mengganggu siklus haid," kata Adila kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu.


Efektivitas KB suntik 1 bulan

Seperti namanya, jenis KB suntik ini disuntikkan setiap bulan. Apabila terlambat mendapatkan suntikan, Bunda perlu segera bertemu dokter atau tenaga kesehatan.

Dilansir laman Monitoring Berkualitas (MONIKA) BKKBN, KB suntik 1 bulan memiliki efektivitas sangat tinggi dalam mencegah kehamilan. Efektivitasnya mencapai 97 persen bila digunakan dengan tepat.

Cara kerja KB suntik 1 bulan

Secara umum, KB suntik 1 bulan dan KB suntik 3 bulan memiliki cara kerja yang sama. Keduanya dapat menghambat ovulasi, sehingga mencegah pembuahan.

"Mekanisme kerja KB suntik ini bertujuan untuk menghambat ovulasi, mencegah pembuahan, dan menipiskan dinding endometrium. Penggunaan KB suntik tergolong mudah karena Bunda tidak perlu melakukan pemeriksaan lebih dalam," Staf Medis Women Health Service RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, dr. Ilham Utama Surya, SpOG, KB, saat dihubungi HaiBunda, beberapa waktu lalu.

Sementara dijelaskan dalam laman MONIKA BKKBN, KB suntuk 1 bulan bekerja dengan cara mencegah pelepasan sel telur dari indung telur. Selain itu, kontrasepsi hormonal ini juga dapat mengentalkan lendir leher rahim, sehingga bisa mengganggu pertemuan antara sperma dan sel telur.

Nah, penyuntikan KB kombinasi tidak bisa dilakukan pada Bunda yang sedang menyusui kurang dari 6 minggu atau sedang menyusui eksklusif 6 bulan ya. Selain itu, tatalaksananya juga tidak bisa dilakukan pada Bunda yang memiliki hipertensi atau berusia di atas 35 tahun.

Sebelum memilih KB suntik 1 bulan sebagai alat kontrasepsi, Bunda sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter atau tenaga kesehatan. Sebab, Bunda perlu memahami efek samping penggunaan kontrasepsi.

Lalu apa saja efek samping dan kelebihan KB suntik 1 bulan ini dengan kontrasepsi lainnya ya, Bunda.

Selengkapnya dapat dibaca di halaman berikutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 7 tips aman memilih kontrasepsi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
KELEBIHAN DAN EFEK SAMPING KB SUNTIK 1 BULAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!