sign up SIGN UP search


kehamilan

Mengenal USG Abdomen, Ketahui Manfaat dan Apa Saja yang Perlu Disiapkan

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Selasa, 22 Nov 2022 22:00 WIB
USG Mengenal USG Abdomen, Ketahui Manfaat dan Apa Saja yang Perlu Disiapkan/Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Istilah USG abdomen mungkin kurang familiar ya di telinga kita ya  Bunda. Pasalnya kita lebih sering mendengar USG sebagai tindakan medis yang berkaitan dengan kehamilan, Bunda.

Nah, ternyata USG tidak selalu identik dengan kehamilan. Sebab, USG abdomen lebih ke tindakan yang digunakan untuk mendiagnosis berbagai masalah medis dengan aman. 

Mengutip dari My Clevel and Clinic, USG perut adalah tes pencitraan yang digunakan untuk mendiagnosa berbagai masalah medis, Bunda. Tindakan ini cepat dan hampir tidak menyakitkan. Tanpa menggunakan radiasi. Tes ini mendeteksi kondisi rutin dan berbahaya, tentu saja melalui perut ya.


Manfaat USG abdomen

USG atau Ultrasonografi adalah tes pencitraan diagnostik yang menggunakan probe atau tongkat genggam yang disebut transduser, Bunda. Caranya dengan menggunakan gelombang suara yang tidak dapat kita dengar.

Saat petugas medis meletakkan probe di atas gel khusus yang dioleskan bagian perut, perangkat menangkap gambar jaringan lunak di dalam tubuh. Gambar ini disebut sebagai sonogram ya.

Yuk ketahui lebih lanjut tentang USG abdomen, Bunda. Simak terus ya

Merujuk Mayoclinic, USG abdomen biasa digunakan untuk mendiagnosis penyakit seperti batu empedu, neoplasma hepar, batu ginjal, aneurisma aorta abdominalis, neoplasma hepar, dan karsinoma pankreas, Bunda. Pemeriksaan ini memanfaatkan gelombang ultrasonik untuk menghasilkan gambaran organ-organ di dalam rongga abdomen tanpa bersifat invasif.

Aneurisma aorta perut, atau aneurisma aorta, adalah area yang membesar di bagian bawah arteri utama tubuh (aorta). Petugas medis biasanya merekomendasikan USG perut untuk menyaring aneurisma aorta pada pria berusia 65 hingga 75 tahun yang merokok atau bagi yang pernah merokok. 

Teknik yang digunakan dalam pemeriksaan USG abdomen umumnya tergantung pada organ yang hendak diperiksa dan kelainan pada bagian yang dikeluhkan pasien, Bunda. Sejauh ini, beberapa sumber menyebutkan pemeriksaan USG abdomen tidak memiliki kontraindikasi signifikan karena prosedur ini tidak melibatkan radiasi, bersifat noninvasif, dan mudah dilakukan.

USG pada dasarnya dilakukan untuk melihat pembuluh darah dan organ di daerah perut. Petugas medis mungkin dapat merekomendasikan tes ini jika Bunda memiliki kondisi yang memengaruhi salah satu area tubuh berikut:

  • Pembuluh darah di perut
  • Kantong empedu
  • Usus
  • Ginjal
  • Hati
  • Pankreas
  • Limpa

USG abdomen dinyatakan penting dilakukan untuk dapat membantu menentukan penyebab sakit perut atau kembung. Ini dapat membantu memeriksa batu ginjal, penyakit hati, tumor dan banyak kondisi lainnya. Petugas medis dapat merekomendasikan tes ini jika Bunda berisiko mengalami aneurisma aorta perut ya.

Yuk, klik halaman selanjutnya untuk tahu persiapan apa saja yang perlu dilakukan sebelum jalani USG abdomen:

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang bisakah usia kehamilan diketahui melalui USG?

[Gambas:Video Haibunda]



program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
PERSIAPAN SEBELUM USG ABDOMEN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!