kehamilan

5 Cara Bunda dan Ayah Saling Support Selama Menjalani Program Hamil

Nurul Jasmine Fathia   |   HaiBunda

Rabu, 13 Sep 2023 16:20 WIB

Menanti momongan dan menjalani program hamil bisa menjadi masa yang cukup menyulitkan bagi pasangan suami istri. Oleh karena itu, penting bagi Bunda dan Ayah untuk saling support selama menjalani program hamil.

Berikhtiar dan menjalani program hamil secara alami maupun medis dapat diambil sebagai langkah untuk mendapatkan anak. Bagi beberapa pasangan, perasaan kecewa dapat muncul bila program gagal, hingga dalam waktu lama tidak kunjung diberikan momongan.

"Para pasangan yang telah berusaha lama untuk hamil mungkin menjadi tidak sabar dan kecewa," jelas Mayra Mendez, seorang terapis bersertifikat di Providence Saint John's Child and Family Development Center, dikutip dari Parents

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Saling mendukung selama menjalani program hamil menjadi kunci untuk meningkatkan peluang hamil. Support antara suami dan istri sangat bermanfaat untuk mengurangi tingkat stress, yang bisa memengaruhi kesuburan.

Kehadiran satu sama lain juga bisa membuat semua tahapan yang dijalani selama program hamil menjadi lebih mudah. Tetapi, tak sedikit pasangan yang bingung bagaimana cara untuk saling support selama menjalani program hamil. Lalu bagaimana cara mendukung satu sama lain saat program hamil?

Cara Bunda dan Ayah saling support selama program hamil

Dilansir Motherly, berikut 5 cara untuk Bunda dan Ayah saling support selama menjalani program hamil:

1. Fokus kepada satu hal 

Selama menjalani program hamil, Bunda dan Ayah bisa saling mendukung dengan cara bersama-sama fokus terhadap satu hal. Pastikan hal tersebut adalah hal yang benar-benar dikuasai dan bisa saling membantu satu sama lain.

Misalnya, dalam menjalankan program hamil biasanya pasangan dituntut untuk memperbaiki pola makan. Bunda dan Ayah bisa fokus kepada hal tersebut dengan cara memasak menu makan sehat secara bergantian.

Selain bisa meringankan pekerjaan satu sama lain, hal-hal seperti ini juga dapat meningkatkan hormon kebahagiaan dan membuat hormon reproduksi juga meningkat.

2. Merayakan berbagai hal 

Penting bagi pasangan suami istri untuk mengapresiasi satu sama lain sepanjang perjalanan untuk mendapatkan kehamilan. Hal-hal seperti ini akan membantu keduanya untuk semakin dekat, serta membangun koneksi yang lebih kuat.

Salah satu bentuk apresiasi bisa dengan merayakan berbagai hal sepanjang perjalanan pernikahan yang membuat diri satu sama lain lebih bahagia. Kebahagiaan yang hadir tentunya bisa memperlancar program hamil yang sedang dijalankan.

"Terlalu sering kita mendengar bahwa pasangan menempatkan tekanan berlebihan pada diri mereka sendiri untuk bisa hamil. Nikmati lah waktu yang dimiliki untuk selalu bersama, dan anak-anak nantinya akan bergabung," kata Chris Pegula, seorang Ayah yang telah menjalani program kehamilan bersama istrinya.

3. Tetap berpikir positif

Menjalani program hamil tentu bukanlah hal yang mudah, terlebih lagi jika telah mencobanya berkali-kali. Kegagalan saat program hamil biasanya akan membuat Bunda dan Ayah menjadi stress atau menyalahkan diri sendiri.

Nah, untuk menghindarinya, cobalah menanamkan perilaku untuk selalu berpikir positif terlepas dari hasil apapun yang nantinya didapatkan. Selalu berpikir positif akan sangat membantu diri Bunda dan Ayah menjadi lebih tenang saat menjalani setiap proses.

"Kita harus meyakinkan diri sendiri bahwa selalu ada bulan depan. Bila tidak memiliki mentalitas ini, sangat mudah untuk merasa kecewa ketika mengetahui bahwa kita tidak hamil," ujar seorang Ayah sekaligus penulis, Cody Haines.

Selain ketiga hal di atas, terdapat du cara lagi yang bisa Bunda dan Ayah lakukan untuk saling support selama menjalani program hamil. Yuk, simak lebih lengkap pada halaman selanjutnya.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT