kehamilan

Kenapa Mudah Lelah dan Mengantuk Saat Hamil?

Joko Supriyanto 19 Jun 2017
Ilustrasi ibu hamil lelah (Foto: Nurvita Indarini) Ilustrasi ibu hamil lelah (Foto: Nurvita Indarini)
Jakarta - Hoam.... Ketika hamil, pasti ada hal berbeda yang dirasakan para bunda. Apakah Bunda jadi merasa mudah lelah dan mengantuk? Keluhan ini seperti dirasakan teman saya nih, Bun.

"Gue lelah banget, ngantuk pula," kata teman saya sambil menguap. Kata teman saya, sejak hamil dan usia kehamilannya makin besar, dia memang sering merasa lelah dan gampang sekali mengantuk.

Kenapa sih ibu-ibu hamil sering merasa lelah dan mengantuk ya? Nah, menurut penjelasan dr Arie Adrianus Polim, D.MAS, SpOG(K) dalam buku '30 Perubahan Tubuh Selama Hamil' menjelaskan ini karena peningkatan kadar hormon progesteron yang menyebabkan pembuluh darah melebar dan laju aliran darah dalam tubuh melambat secara drastis. Selain itu morning sickness yang membuat ibu hamil mual dan muntah sudah pasti menguras energi.

Selain itu, sambung dr Arie, ibu hamil juga rentan mengalami anemia atau kurang darah. Akibatnya tentu ibu hamil lesu dan mudah capek.

Nah Bun, penyebab anemia cukup banyak, misalnya kekurangan asupan zat besi, kurangnya waktu untuk tidur dan beristirahat, serta kurangnya mengonsumsi makanan yang mengandung protein. Tapi beberapa penyakit juga bisa menyebabkan anemia seperti malaria, infeksi cacing dan lasemia.

Soal lelah ini, Andrew Weil MD, Direktur Arizona Center for Integrative Medicine di University of Arizona menuturkan wajar dirasakan ibu saat kehamilannya memasuki trimester pertama, lalu kembali terasa di trimester ketiga. Perubahan fisik ibu hamil turut menyumbang penyebab rasa lelah ini, Bun.

Untuk mengatasi hal ini, para ibu hamil dianjurkan mengonsumsi makanan anti-inflamasi yang bergizi seperti buah atau sayur organik. "Hindari makanan kaya karbohidrat yang mudah dicerna seperti roti tawar dan pastikan tubuh Anda terhidrasi dengan baik," saran dr Weil.

Jangan lupa juga Bun untuk tetap melakukan aktivitas fisik. Nggak usah berat-berat, cukup jalan kaki, aerobik atau berenang.

Yang nggak kalah penting, Bun, pastikan istirahat 8-9 jam di malam hari ya. Kalau ngantuk dan lelah di siang hari, masih boleh kok tidur siang 15-20 menut agar badan tetap segar.

"Hal penting lainnya hindari stres yang bisa berpengaruh pada kondisi psikis dan imun Anda, juga bayi kecil yang sedang Anda kandung," tambah dr Weil.

Kalau Bunda gimana saat hamil, apa merasakan lelah dan mengantuk juga? Yuk berbagi pengalaman terkait apa yang Bunda rasakan saat hamil di kolom komentar. (vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi