sign up SIGN UP search


kehamilan

11 Tips Supaya Bunda Melahirkan Normal dan Lancar

haf Selasa, 16 Jun 2020 19:04 WIB
ibu dan bayi baru lahir di rumah sakit caption
Jakarta -

Bunda, proses persalinan merupakan momen yang ditunggu-tunggu, sebab penantian 9 bulan untuk memiliki buah hati pada akhirnya terwujud. Kendati demikian, tak sedikit ibu hamil yang berharap dapat melahirkan bayinya dengan proses yang normal dan lancar.

Persalinan normal adalah proses pengeluaran janin yang terjadi pada kehamilan yang cukup bulan tanpa komplikasi baik dari sisi ibu maupun janin. Terkadang prosesnya berakhir dalam hitungan jam. Dalam kasus lain, persalinan menguji stamina fisik dan emosional si ibu.

Oleh sebab itu, Bunda harus mempersiapkan diri baik itu fisik maupun mental. Mengutip laman Mom Junction, persalinan normal adalah cara terbaik untuk melahirkan, baik untuk ibu dan bayi.

ilustrasi ibu melahirkanilustrasi ibu melahirkan/ Foto: thinkstock


Nah, berikut tip yang Bunda bisa ikuti supaya bisa melahirkan normal dan lancar:


1. Hindari stres

Wajar jika Bunda merasa stres selama hamil. Dianjurkan untuk menghindari stres, kecemasan, dan pikiran yang tak menentu karena emosi negatif dapat mengubah proses persalinan menjadi mimpi buruk.

2. Positif dan abaikan cerita negatif melahirkan

Mendengarkan cerita-cerita negatif akan membuat Bunda lebih cemas dan dapat mengakibatkan kepanikan.

3. Perbanyak pengetahuan tentang persalinan

Pengetahuan adalah segalanya. Dapatkan sebanyak mungkin pengetahuan tentang persalinan dan proses persalinan.

4. Bangun sistem pendukung yang kuat

Dapatkan dukungan emosional yang cukup. Ajak pasangan, ibu, dan teman dekat, sehingga mereka ada untuk meningkatkan kepercayaan diri dan menghilangkan rasa takut tentang persalinan normal.

5. Pilih dokter dengan bijak

Sebuah fakta yang menyedihkan bahwa banyak dokter mencari kenyamanan dan meyakinkan para ibu untuk menjalani operasi secara Caesar. Jadi, penting untuk memilih dokter yang akan mengatur kehamilan dengan tepat.

6. Rekrut doula yang berpengalaman

Doula atau pendamping profesional ibu hamil adalah orang yang terlatih dan berpengalaman dalam proses kelahiran dan biasanya juga seorang ibu. Apabila Bunda dapat menemukan doula yang berpengalaman untuk membantu persalinan, maka setengah dari pertempuran telah dimenangkan.

7. Pijat perineum

Pijat perineum secara teratur dapat membantu tubuh bersiap untuk persalinan normal. Pijat perineum adalah tekanan dan pijatan lembut di area jalan lahir.

8. Tetap terhidrasi

Air sangat penting untuk kesehatan, apalagi ketika hamil. Selain itu, air dapat mempermudah proses persalinan.

9. Pantau posisi tubuh

Jaga agar tubuh tetap sejajar agar bayi dapat meluncur dengan lancar. Berdiri dan duduk dalam waktu lama, tidur dalam posisi canggung, dan mengenakan sepatu hak tinggi juga sabuk ketat bisa membuat tubuh tidak selaras.

10. Cobalah tidak menambah berat badan

Sangat penting untuk mencapai jumlah berat yang layak selama kehamilan. Wanita yang kelebihan berat badan dapat mengalami masalah selama persalinan dan memungkinkan berakhir dengan operasi caesar.

11. Lakukan penyesuaian chiropractic

Beberapa orang percaya pada penyesuaian chiropractic. Bunda dapat mencobanya dan melanjutkan jika melihat hasil yang baik dengan kunjungan rutin ke chiropractor. Chiropractic adalah terapi untuk mengobati masalah tulang belakang dengan manipulasi manual, yakni membuat tubuh secara alami menyembuhkan dirinya.

Simak juga Bunda, video nama bayi Islami:

 

[Gambas:Video Haibunda]





(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi