kehamilan

Video: Tutorial Endorphin Massage untuk Ibu Hamil

Amelia Sewaka 06 Nov 2017
Tutorial Endorphin Massage untuk Ibu Hamil (Foto: 20Detik) Tutorial Endorphin Massage untuk Ibu Hamil (Foto: 20Detik)
Jakarta - Ketika hamil dan mendekati waktu persalinan, kadang ada beberapa ibu hamil yang tegang dan takut karena tahu bahwa sebentar lagi ia akan menghadapi masa persalinan.

Nah, untuk mengurangi stres dan nyeri, massage ini bisa banget dilakukan lho, Bun. Apalagi nih, massage-nya mudah banget. Bahkan suami pun bisa melakukannya untuk kita.

Endorphin massage ini bisa dilakukan mulai dari usia kehamilan 36 minggu hingga proses persalinan agar ibu hamil lebih nyaman dan relaks. Endorphin sendiri merupakan morfin alami tubuh, dengan pijat ini endorphin akan keluar dan memunculkan perasaan nyaman.

Endorphin massage juga bisa menjadi salah satu usaha induksi alami, karena saat melakukan endorphin massage hormon oksitosin akan keluar dan ini bisa mengurangi rasa nggak nyaman atau rasa nyeri hingga masa bersalin nanti. Lakukan selama mungkin dan tahap terakhir taruh tangan Bunda dan Ayah di atas perut untuk komunikasi dengan janin.

Pijat yang satu ini nggak butuh tenaga besar, karena lebih ke sentuhan lembut di tubuh ibu hamil. Agar endorphin keluar maksimal, lakukan di area tubuh ibu hamil yang sensitif sehingga muncul sensasi merinding.

Salah satu contohnya seperti di video berikut ini, Bun. Tapi ingat ya, area yang bikin merinding ibu nggak sama. Untuk gambaran, yuk simak video berikut ini.

[Gambas:Video 20detik]

(vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi