kehamilan

Please, Bun, Jangan Anggap Remeh Pendarahan Saat Hamil Ya

Radian Nyi Sukmasari 11 Jan 2018
Please, Bun, Jangan Anggap Remeh Pendarahan Saat Hamil Ya/ Foto: thinkstock Please, Bun, Jangan Anggap Remeh Pendarahan Saat Hamil Ya/ Foto: thinkstock
Jakarta - Saat hamil kita memang nggak bisa main-main sama kondisi yang dialami kan, Bun. Termasuk pendarahan nih, nggak bisa kita anggap remeh lho.

Pendarahan bisa jadi salah satu tanda terjadinya abruptio placenta atau lepasnya plasenta dari dinding rahim. Walaupun begitu, pada dasarnya pendarahan merupakan kondisi yang bukan nggak mungkin mengancam kondisi ibu hamil dan calon si kecil, demikian disampaikan dr Philip Agustinus SpOG dari Mayapada Hospital Tangerang.

"Pendarahan, walaupun bisa jadi bukan tanda terjadinya abruptio placenta, kalau perdarahan terjadi segera ke Rumah Sakit karena ini bisa mengancam nyawa ibu dan janin," kata dr Philip waktu ngobrol sama HaiBunda.

Dengan kata lain, kalau ada pendarahan sedikit aja berupa flek, ada baiknya Bunda segera cek ke dokter. Soalnya, kalau perdarahan dibiarin aja, darah akan terus keluar. Nah, kalau darah dalam tubuh ibu berkurang, pasokan darah ke bayi berkurang juga kan, Bun.



Akibatnya, nyawa bayi terancam dan bukan nggak mungkin akan menyebabkan kematian. Untuk penanganannya, ibu hamil bisa diminta beristirahat sembari diobservasi. Tapi kalau pendarahan yang terjadi parah, penanganannya biasanya bayi harus segera dilahirkan, Bun.

"Karena ini kan menyangkut nyawa. Biarpun bayi belum matang harus tetap dilahirkan. Jadinya bayi ya lahir prematur," ujar dr Philip.

Lantas, bisa nggak sih, Dok perdarahan pada ibu hamil dicegah? dr Philip bilang kalau masalahnya terkait tekanan darah tinggi ya berarti tekanan darah mesti dikontrol dengan obat-obatan. Yang pasti trauma jelas-jelas harus dijauhi, Bun, karena umumnya trauma gampang banget memicu perdarahan kan.

Yuk, jaga kehamilan kita. Kalau ada pendarahan , segera cek ke dokter ya, Bun, supaya segera diketahui apa penyebabnya dan bisa segera ditangani.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi