kehamilan

Pemberian Soda Bikarbonat Disebut Tingkatkan Peluang Ibu Melahirkan Normal

Asri Ediyati 19 Jan 2018
Pemberian Soda Bikarbonat Disebut Tingkatkan Peluang Ibu Melahirkan Normal/ Foto: Thinkstock Pemberian Soda Bikarbonat Disebut Tingkatkan Peluang Ibu Melahirkan Normal/ Foto: Thinkstock
London, Inggris - Kalau bisa, kita pasti ingin melahirkan secara normal kan, Bun. Nah, soal persalinan normal disebut-sebut peluangnya bisa lebih besar ketika digunakan soda bikarbonat.

Adalah penelitian dari Inggris yang menyebutkan pemberian soda bikarbonat pada ibu yang sedang berjuang dalam persalinan akan meningkatkan peluang si bayi bisa lahir dengan aman dan normal.

Periset Inggris mengatakan bahwa bahan kimia yang tersedia dalam bentuk minuman dapat memperbaiki keasaman di sekitar rahim dan secara signifikan dapat mengurangi jumlah wanita yang menjalani operasi caesar darurat.

Saat ini, di Inggris, sekitar 10 persen ibu melahirkan untuk pertama kalinya dengan jalan operasi caesar karena kontraksi rahimnya gagal. Mereka umumnya diberi oksitosin, tapi ini hanya membantu pembukaan dan akhirnya operasi caesar darurat satu-satunya pilihan.

Profesor Susan Wray, dari University of Liverpool, sebelumnya telah mengidentifikasi hubungan antara laju pembukaan jalan lahir dalam persalinan dan keasaman di sekitar rahim. Ia bekerja sama dengan para periset di Institut Karolinska di Swedia, dia memberi bikarbonat kepada 100 wanita yang mengalami kesulitan, begitu pula oksitosin. Lalu untuk kontrol, 100 wanita lainnya secara acak diberi oksitosin saja.

"Kami menemukan bahwa menambahkan bikarbonat dapat meningkatkan jumlah wanita yang melahirkan secara normal sebesar 17 persen. Hasilnya sungguh menakjubkan," kata Prof. Susan dikutip dari Today.

Diterbitkan di jurnal Maternal-Fetal & Neonatal Medicine, mereka mendapatkan hasil yang signifikan bahwa pemberian soda bikarbonat dapat meningkatkan jumlah wanita yang melahirkan secara normal.

"Ini adalah cara yang aman dan murah untuk mengatasi masalah serius dalam persalinan. Kami benar-benar tertarik sekarang untuk mengaplikasikan hasil ini di Inggris," tutur Prof Susan dikutip dari Telegraph.

Dia mengatakan bahwa perawatan sederhana ini akan sangat berguna di negara-negara berkembang. Hal ini karena di negara berkembang tingkat kesehatan dan kesulitan para ibu hamil lebih berisiko terjadi dibanding di negara maju.

Namun soal mau melahirkan normal atau nggak, alangkah baiknya kita mempersiapkannya jauh-jauh hari, Bun. Ada lho teknik-teknik tertentu dipercaya bisa bantu melancarkan proses melahirkan. Seperti teknik rebozo sebagai salah satu contohnya

"Teknik rebozo fungsinya supaya posisi bayinya optimal, karena kadang otot ligamen di panggul sama rahim tuh tegang kalau tegang posisi bayinya jadi nggak bagus di dalam perut," tutur Jamilatus Sa'diyah, salah satu doula yang ditemui di Pro V Clinic, saat ngobrol dengan HaiBunda.

Rebozo ada dua jenis yakni shifting dan shake apple tree. Rebozo shifting berguna untuk otot ligamen di daerah rahim, sedangkan shake apple tree lebih ke ligamen otot panggul. Dalam teknik rebozo, ibu yang sedang dalam masa persalinan ada dalam posisi berlutut dan bertopang pada gymball.

"Gerakan ini sangat membantu ibu hamil yang akan melahirkan agar lebih merasa nyaman. Lilitan yang tepat akan membuat ibu merasa dipeluk dan memicu keluarnya hormon oksitosin atau hormon senang supaya persalinan ibu lebih lancar," tutur doula yang akrab disapa Mila.
(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi