kehamilan

Dokter Ini Ajak Pasiennya Joget Agar Persalinan Lebih Lancar

Asri Ediyati 22 Jan 2018
Dokter Ini Ajak Pasiennya Joget Agar Persalinan Lebih Lancar/ Foto: Instagram @drfernandoguedescunha Dokter Ini Ajak Pasiennya Joget Agar Persalinan Lebih Lancar/ Foto: Instagram @drfernandoguedescunha
Vitoria, Brasil - Banyak hal yang bisa ibu hamil lakukan untuk membantu mengurangi nyeri dan memperlancar persalinannya. Bisa dengan teknik rebozo, yoga, hypno birth. Tapi, ibu asal Brasil yang satu ini malah berjoget. Bahkan, dokter kandungannya yang mengajak dia lho, Bun.

Dokter tersebut adalah dr Fernando Guedes da Cunha. Menurutnya ibu hamil yang menari jelang melahirkan adalah bentuk penghilang rasa sakit yang efektif. Mungkin terdengar agak 'nyeleneh' tapi dr Fernando sudah berkali-kali membagikan video dirinya yang sedang bergoyang dengan ibu hamil di kamar bersalin.

"Melahirkan adalah salah satu hal yang paling menyakitkan yang dapat ditanggung seseorang, dan ternyata ada beberapa sains di balik teknik aneh ini," ujar dokter yang dijuluki dokter menari ini dikutip dari The Sun.

dr Fernando pertama kali menjadi 'headline' pada bulan Agustus silam, ketika sebuah video tentangnya dan seorang ibu yang sedang berjoget dengan lagu Despacito di rumah sakitnya, Unimed Vitoria. Gerakan favorit dr Fernando adalah berjongkok dan gerakan pinggul.

Memang Bun, ada sains di balik saran dokter untuk menari sebelum melahirkan. Jadi, sebuah penelitian yang diterbitkan di The New England Journal of Medicine menemukan bahwa wanita yang sering berjalan atau bergerak memiliki persalinan yang lebih cepat.



Sementara seorang dokter kandungan di New Jersey's Overlook Medical Center, dr Regina Kaplan, mengatakan bahwa tarian dapat membantu bayi berada dalam posisi lahir yang pas.

"Bayi perlu bergerak melalui jalan lahir, jadi saat ibu bergerak, dia juga membantu bayinya untuk melewati struktur kanal kelahiran," katanya dikutip dari Glamour.

Dia menambahkan, menari bukan hanya untuk memposisikan bayi tapi bisa membantu meringankan nyeri persalinan. dr Regina bilang menari akan membantu menggeser tekanan bayi yang menekan struktur dan organ tubuh ibu.

"Selain itu saya juga merekomendasikan para ibu untuk menggunakan bola gym atau yoga dan kursi goyang. Ibu hamil juga harus rajin berjalan kaki, yoga, atau bisa juga menari. Namun, semuanya tergantung pada apa yang bisa dilakukan ibu untuk menghilangkan rasa sakit," tutur dr Regina.

Menurut dr Regina, bergerak selama hamil terbukti dapat mempercepat banyak hal. Kegel atau latihan dasar panggul, juga dianggap membantu meringankan rasa sakit karena ingin melahirkan. Hmm, gimana, Bun? Mau coba berjoget sebelum bersalin untuk bantu redakan nyeri yang dirasa?

[Gambas:Instagram]

(aci/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi