kehamilan

Ada Cerita Spesial di Balik Foto Kehamilan Wanita Ini, Bun

Asri Ediyati Senin, 26 Feb 2018 - 07.02 WIB
Ada Cerita Spesial di Balik Foto Kehamilan Wanita Ini, Bun (Foto: Instagram/ @lizarch) Ada Cerita Spesial di Balik Foto Kehamilan Wanita Ini, Bun (Foto: Instagram/ @lizarch)
Jakarta - Wanita bernama Liz Arch ini mengabadikan momen kehamilannya lewat sebuah foto. Tapi, ada yang spesial dengan fotonya, Bun. Soalnya, Liz menjajarkan fotonya saat sedang hamil dengan foto seorang wanita yang merupakan mendiang sang ibu.

Di foto itu, sang ibu juga sedang mengandung Liz. Kata Liz, di foto itu sang ibu juga tengah mengandung Liz 41 minggu. Dia menambahkan, ini dilakukan demi memberi penghargaan kepada sang bunda. Apa ide Liz membuat foto seperti ini? Kata dia, Bun, ada teman baiknya yang memberi dukungan kepada ibu hamil yang tidak memiliki ibu.

Di laman Instagram-nya, Liz yang merupakan guru yoga ini berbagi kesedihan karena saat hamil dia nggak bisa melakukan hal yang umum dilakukan calon ibu lain yakni curhat dengan sang bunda. Apalagi, sudah pasti sang bunda nggak akan bisa mendampingi Liz ketika bersalin nanti. Namun, Liz memastikan meski sudah tidak ada, sang bunda tetap 'hidup' di hatinya.



"Sejujurnya saya tidak benar-benar memikirkannya sampai saat itu dan kemudian semua kesedihan tiba-tiba memukul saya layaknya gelombang pasang. Ibu saya tidak akan bisa menyaksikan putrinya yang bungsu ini menjadi ibu," ujarnya dikutip dari Daily Mail.

Sebagai seoang anak, Liz juga merasa sedih saat membayangkan ketika bersalin nanti nggak akan ada ibundanya di sisinya untuk memegang tangannya, mengelus rambutnya dan memberi kekuatan untuknya. Kesedihan Liz bertambah kala mengingat buah hatinya nggak akan bisa bertemu langsung dengan sang nenek walau mereka bisa aja tahu neneknya melalui foto.

Tapi, Liz berjanji bahwa ia tetap akan mengenalkan ibunya kepada anak-anaknya kelak. Liz juga bakal memberi tahu ke anak-anaknya perihal sang nenek lewat beberapa barang pemberian seperti buku.

Di postingan lainnya, Liz menceritakan bagaimana dia akan membesarkan anaknya sebagai ibu tunggal karena Liz kebetuklan berpisah dengan suaminya sebelum menyadari dirinya hamil. Tapi, mantan suami Liz berjanji akan ikut andil membesarkan buah hati mereka, Bun.

"Saya bangga dengan apa yang akan dilakukan mantan suami saya. Dengan sepenuh hati, Adam berjanji akan menjadi ayah yang luar biasa," kata Liz.

Ketika anak diasuh orang tua tunggal, ada cara yang bisa dilakukan agar anak tumbuh sehat dan optimal yaitu dengan jadi single mom yang sehat. Gimana caranya?

"Pastikan ibu punya waktu untuk anak juga untuk dirinya supaya secara emosional dia sehat. Lalu dia menyukai karirnya, punya teman laki-laki lain terutama yang menetap itu yang bikin emosi ibu sehat sehingga anaknya juga jadi sehat," kata psikolog anak dan keluarga, Roslina Verauli atau akrab disapa Vera, dikutip dari detikHealth.



Selain itu, bunda perlu mengenalkan peran gender ke anak kalau apa yang dilakukan bundanya misalnya bekerja keras bukan satu-satunya peran seorang ibu. Kata Vera, anak perlu diberi tahu peran ibu yang lain, bisa melalui contoh figur tertentu misalnya tante atau nenek yang melakukan tugas ibu lainnya.

"Perlu juga ngasih tahu ke anak figur laki-laki seperti apa. Oleh karena itu anak perlu figur laki-laki dewasa lain contohnya om, kakek, atau bahkan lelaki yang sedang dekat dengan sang ibu," terang Vera.

[Gambas:Instagram]

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi