kehamilan

Pesan Bidan untuk Kate Middleton di Minggu Akhir Kehamilannya

Melly Febrida 20 Apr 2018
Pesan Bidan untuk Kate Middleton di Minggu Akhir Kehamilannya/ Foto: Getty Images Pesan Bidan untuk Kate Middleton di Minggu Akhir Kehamilannya/ Foto: Getty Images
London - Kate Middleton tengah menanti kelahiran buah hatinya yang ketiga. Sebagai ibu dengan beragam kesibukan plus dua anak balita, Kate bisa jadi lebih lelah ya, Bun. Karena itulah, bidan punya pesan buat Kate di minggu terakhir kehamilannya.

Clare Livingstone, penasihat kebijakan profesional di Royal College of Midwives mengatakan ibu-ibu yang hamil untuk ketiga kalinya seperti Kate Middleton dan mungkin terganggu ketika mengasuh anak-anak yang lebih besar perlu memperhatikan perubahan yang terjadi selama minggu-minggu terakhir kehamilan sampai akhirnya si kecil lahir.

"Ibu yang hamil ketiga kali biasanya lebih cuek. Mereka lebih sibuk dari sebelumnya, terutama ketika mereka merawat balita. Mereka mungkin lebih lelah sehingga penting untuk istirahat, mencukupi nutrisi, hidrasi, memantau pergerakan bayi dan melaporkan jika ada yang berbeda dengan kehamilannya," kata Clare seperti dilansir Independent.

Clare menyarankan Kate dan ibu lainnya yang sedang hamil anak ketiga untuk lebih peduli dengan kehamilannya. Apalagi seperti kita tahu, Bun, ketika sibuk dengan segala urusan termasuk keluarga dan pekerjaan, bisa jadi ibu lebih cuek dibanding saat kehamilan pertama. Ya, namanya hamil anak pertama biasanya ibu lebih parno nih, he-he-he.

Nah, untuk kehamilan ketiga apakah ada kemungkinan bayi lahir lebih cepat? Clare bilang kondisi tersebut nggak bisa disamaratakan. Terlebih kehamilan pertama dan selanjutnya pasti berbeda.



Misalnya saja saat Kate Middleton melahirkan Putri Charlotte, si kecil lahir dua jam 34 menit setelah bundanya dirawat di rumah sakit. Sedangkan saat melahirkan si sulung George pada tahun 2013, Kate ke RS sekitar pukul 6 pagi dan George lahir 10,5 jam kemudian yakni pukul 4.24 dinihari.

Nah, untuk persalinan ketiganya diharapkan durasi Kate Middleton mengalami pembukaan sampai akhirnya si kecil lahir bisa lebih cepat. Seperti kata Clare, menurut pengalamannya beberapa wanita yang hamil anak ketiga melaporkan persalinannya lebih cepat ketimbang persalinan sebelumnya. Tapi, tetap aja kita mesti ingat kalau tiap proses melahirkan pastinya berbeda ya, Bun.

Menurut situs Baby Center, proses persalinan anak kedua dan seterusnya memang cenderung lebih cepat, rata-rata lima jam. Tapi, kata Clare, proses persalinan yang lebih cepat lebih menyakitkan. Kenapa ya?

"Saya akan mengatakan persalinan yang sangat cepat dapat terasa lebih menyakitkan karena intensitas dan seberapa kecepatannya itu terasa luar biasa. Tubuh memiliki penghilang rasa sakit alami yaitu endorfin di mana untuk merilisnya tubuh butuh waktu. Jadi persalinan cepat kurang memungkinkan tubuh untuk melakukan itu," kata Clare.

Situs Made For Mums menuliskan 2 persen wanita mengalami persalinan presipitat, yakni persalinan yang berlangsung sangat cepat dan kurang dari dua jam dari kontraksi pertama hingga melahirkan. Persalinan presipitat lebih umum terjadi di antara wanita yang sudah melahirkan senggaknya sekali.

"Jika wanita sudah melahirkan, leher rahim telah melebar sehingga rahim mungkin tahu apa yang dilakukan dan bekerja lebih efisien. Beberapa wanita memang mengalami persalinan presipitat. Nah, kalau kita mengalami persalinan yang cepat sebelumnya, kemungkinan besar akan mengalaminya lagi di persalinan selanjutnya," kata Clare.

Kembali lagi ke Kate Middleton, Bun, menurut Clare Kate termasuk ibu yang mengalami persalinan cepat dan alami tanpa komplikasi saat melahirkan George dan Charlotte. Dilaporkan, Duchess of Cambridge itu juga sudah siap tampil di depan media dunia ketika nanti membawa anak ketiganya pulang dari RS. Soalnya, penata rambut Kate, Amanda Cook Turner siap dihubungi untuk datang ke St Mary's. Begitu juga penata gaya Kate, Natasha Archer, yang menyiapkan pakaian Kate juga udah siap sedia nih.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi