kehamilan

Dear Ibu Hamil, Simak Tips Nyaman Mudik Ini Yuk

Niken Widya Yunita Sabtu, 09 Jun 2018 - 16.03 WIB
Dear Ibu Hamil, Simak Tips Nyaman Mudik Ini Yuk/ Foto: Ari Saputra Dear Ibu Hamil, Simak Tips Nyaman Mudik Ini Yuk/ Foto: Ari Saputra
Jakarta - Ibu hamil sering kali waswas saat akan melakukan perjalanan jauh, misalnya mudik ke kampung halaman. Rasa waswas ini juga saya alami saat hamil beberapa waktu lalu. Kala itu saya mau mudik ke Cicalengka, Jawa Barat, menggunakan mobil, Bun.

Saya khawatir perjalanan yang cukup jauh akan berdampak ke kehamilan saya yang masih berusia 6 bulan. Namun akhirnya saya memutuskan tetap ikut mudik setelah berkonsultasi ke dokter kandungan.

Menurut dr Nining Haniyanti SpOG, saat kehamilan sudah melewati trimester pertama, biasanya ibu hamil akan aman untuk melakukan perjalanan. Namun untuk ibu dengan kehamilan trimester pertama dan terakhir, sebenarnya tetap bisa nyaman bepergian asalkan mendengarkan saran dari dokter.

Agar ibu hamil nyaman saat mudik, harus mempersiapkan beberapa hal nih, Bun. Misalnya bawa makanan ringan, just in case lapar di tengah jalan, dan kondisi sudah larut, bisa langsung makan bekalnya.

Ibu hamil juga harus banyak-banyak minum untuk mencegah dehidrasi. Obat dan vitamin kehamilan jangan sampai lupa dibawa ya.



dr Nining mengatakan usahakan juga untuk berhenti di beberapa rest area. Ini penting agar ibu hamil bisa berdiri dan berjalan-jalan sebentar. Kegiatan ini dapat meregangkan otot-otot tubuh.

Oh iya, manfaatkan waktu di rest area untuk buang air kecil juga ya, Bun. Biasanya seiring bertambah besarnya kandungan kan jadi bolak-balik ke kamar mandi tuh.

Terkait pakaian, pilihlah pakaian dan alas kaki yang nyaman dan aman. Hal ini penting karena kalau pakaian yang dipakai terlalu ketat dan sepatu terlalu berhak tinggi maka akan menyiksa ibu hamil.

Tips lainnya yakni ibu hamil juga bisa meminta orang terdekat misalnya suami untuk memijat jika kaki dan badan pegal-pegal. Pijatan suami dapat membuat ibu hamil merasa disayang dan mengurangi rasa pegal.



Agar lebih nyaman, coba ganjal punggung ibu hamil dengan bantal. Maklum, biasanya ibu hamil ada keluhan pegal di punggungnya. Dengan ganjalan bantal, diharapkan bisa duduk lebih nyaman dan tidur lebih nyenyak saat mudik.

Silakan dicoba dan selamat mudik! (nwy/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi