kehamilan

'Aturan' Konsumsi Hidangan Lebaran untuk Ibu Hamil

Asri Ediyati Jumat, 15 Jun 2018 - 18.01 WIB
Ilustrasi ibu hamil/ Foto: Ari Saputra Ilustrasi ibu hamil/ Foto: Ari Saputra
Jakarta - Hari Raya Idul Fitri alias Lebaran sudah tiba. Pasti Bunda udah menyiapkan berbagai hidangan ya seperti ketupat, opor ayam, rendang dan lainnya ya.

Ngomongin soal hidangan lebaran, yakin deh semua orang tergugah seleranya saat melihat hidangan Lebaran tersaji di meja makan, termasuk Bunda yang sedang hamil. Pertanyaannya, ada anjuran yang tepat nggak sih untuk ibu hamil dalam mengonsumsi hidangan Lebaran?

Soal ini, menurut dr Juwalita Surapsari MGz SpGK, yang pertama kali perlu diperhatikan ibu hamil dalam mengonsumsi makanan saat Lebaran adalah jumlah tambahan kalori per hari. dr Juwalita bilang, buat ibu hamil ada 330-400 kkal tambahan per hari yang harus diasup.

"Pertama kita lihat dulu asupan yang kita makan tiap hari, kalau menurut standar makanan tambahan yang sudah direkomendasikan, jangan lupa untuk mengimbanginya dengan konsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah," kata dr Juwalita.



dr Juwalita bilang, selain itu yang harus menjadi perhatian ibu hamil saat menyantap hidangan Lebaran adalah ketika makanan tersebut diolah pakai santan, Bun. Seperti kita tahu, apalagi saat Lebaran sebagian besar hidangan di Indonesia diolah pakai santan ya. Sedangkan, santan bisa jadi sumber lemak jahat yang nggak baik kalau dikonsumsi berlebihan.

"Saat hamil sebenarnya kita sudah memiliki level kolesterol yang tinggi dalam darah karena untuk memproduksi hormon kehamilan seperti estrogen dan progesteron. Tapi, jika kadar kolesterolnya terlalu tinggi bisa menyebabkan hipertensi dan risiko lainnya," kata dr Juwalita.

Maka dari itu, dr Juwalita berpesan sebaiknya ibu hamil mengurangi konsumsi makanan bersantan. Apalagi pada prinsipnya mengonsumsi sesuatu berlebihan kan nggak baik ya, Bun. Eit, tapi tenang dulu. Buat Bunda yang sedang hamil nggak usah sedih karena kita bisa mengganti santan dengan bahan alternatif lain.

Menurut Emily DeLacey MS RD, ahli gizi dari Kent State University, AS, kita bisa mengganti santan dengan susu rempah yakni susu sapi yang ditambahkan rempah seperti pala, cengkeh, dan kayu manis. Lalu bisa juga santan diganti dengan susu kedelai atau susu almond yang manfaatnya baik untuk ibu hamil. Terakhir, kita juga bisa pakai yoghurt, Bun. Dengan bahan yang satu ini selain rendah lemak kita juga bisa mendapat banyak vitamin.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi