kehamilan

Komentar Harry Kane tentang Prosedur Persalinan Water Birth

Asri Ediyati 09 Agu 2018
Komentar Harry Kane tentang Prosedur Persalinan Water Birth/ Foto: dok. Instagram Komentar Harry Kane tentang Prosedur Persalinan Water Birth/ Foto: dok. Instagram
London, Inggris - Kabar bahagia datang dari pesepakbola Inggris, Harry Kane. Ia dan keluarga kecilnya menyambut anggota baru, seorang anak perempuan pada hari Rabu (8/8). Putri kedua Harry Kane dan Katie Goodall lahir melalui prosedur water birth.

Si kecil diberi nama yang indah yakni Viviene Jane Kane. Berbagi kebahagiaan, Harry Kane mengunggah foto keluarganya dengan personel lengkap untuk pertama kalinya di Instagram.

"Anggota keluarga bertambah! Vivienne Jane Kane. Sangat bangga dengan Kate karena menjalani prosedur water birth yang luar biasa tanpa rasa sakit sama sekali," tulis Harry Kane.

Harry Kane menganggap persalinan Kate sangat luar biasa karena pasangannya itu sama sekali nggak diberi obat pereda nyeri atau epidural. Persalinan Katie dilakukan melalui prosedur water birth dan semua prosesnya berjalan sangat alami. Nggak cuma itu, Harry Kane menulis hypnobirthing juga dilakukan Kate. Sebagian besar penggemarnya juga mengucapkan selamat dan memuji persalinan Kate.

[Gambas:Instagram]





Tentang prosedur persalinan water birth, dr Joseph Wax dari American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) mengatakan berbagai studi sudah membuktikan adanya risiko infeksi, putus tali pusar, hingga perdarahan akibat proses melahirkan di air. Meski begitu, air memang terbukti bisa meredakan rasa nyeri saat persalinan.

Karenanya, dr Wax mengatakan boleh-boleh saja ibu berendam di air ketika proses kontraksi hingga pecah ketuban. Namun ketika proses pembukaan, ibu harus diangkat dan dipindahkan ke ranjang atau kasur yang kering. Metode apapun yang hendak dijalani ibu melahirkan sebenarnya merupakan hak yang bersangkutan. Namun jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan pakarnya, tahu benar kondisi diri dan kandungannya, serta memahami risikonya.

Harry Kane juga menyertakan tagar hypnobirth pada caption Instagramnya. Jadi, yang menyebabkan Kate nggak merasakan sakit karena ia melakukan relaksasi hypnobirthing. Ibu hamil bisa rileks sehingga sugesti yang dimasukkan ke pikiran lama-lama tertanam dan akhirnya si ibu hamil bisa berpikir bahwa melahirkan itu nyaman.

Terkait hypnobirthing, menurut Jamilatus Sa'diyah, salah satu doula di Pro V Clinic Jakarta, kunci dalam relaksasi hypnobirthing harus latihan rajin supaya pikiran bawah sadar terganti, kalau nggak rajin maka hasilnya sama saja dengan yang nggak memakai metode tersebut. Pada intinya, lebih dini ibu hamil ikut hypnobirthing akan lebih baik. Apalagi kalau ibu hamil masih terikat dengan kecemasan maka akan lebih baik jika dari awal kehamilan mengikuti kelas hypnobirthing dan lebih intens dalam kelasnya.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi