kehamilan

Cerita Preeklampsia Kim Kardashian dan 7 Ibu Lainnya

Niken Widya Yunita Minggu, 02 Sep 2018 - 07.00 WIB
Cerita Preeklampsia Kim Kardashian dan 7 Perempuan Lainnya/Foto: Instagram/@kimkardashian Cerita Preeklampsia Kim Kardashian dan 7 Perempuan Lainnya/Foto: Instagram/@kimkardashian
Jakarta - Preeklampsia bukan sekadar tekanan darah yang naik saja saat hamil. Ada berbagai hal yang perlu dipantau ketat. Bahkan Kim Kardashian dilarang dokter untuk hamil lagi setelah melahirkan dua anak. Anak ketiganya akhirnya lahir melalui ibu pengganti.

Dikutip dari detikHealth, dr Khanisyah Erza Gumilar, SpOG, menjelaskan preeklampsia adalah hipertensi pada kehamilan dengan tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg. Biasanya kondisi ini terjadi pada usia kehamilan lebih dari 20 minggu.

Preeklampsia sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan janinnya. Ada risiko kejang, edema paru, gagal ginjal, gagal jantung, perkembangan janin terhambat, dan bahkan janin mati dalam kandungan. Nah, riwayat preeklampsia pada kehamilan sebelumnya merupakan salah satu risiko terjadinya preeklampsia pada kehamilan berikutnya.

Berikut ini cerita preeklampsia Kim Kardashian dan 7 perempuan terkenal lainnya, dikutip dari The Parents.



1. Kim Kardashian
Cerita Preeklampsia Kim Kardashian dan 7 Perempuan LainnyaFoto: YouTube Jimmy Kimmel
Kim Kardashian mengaku benar-benar berjuang melawan preeklampsia di dua kehamilannya. Preeklampsia menyebabkan pembengkakan besar dan tekanan darahnya melonjak. Bahkan Kim mengaku mengalami kram perut yang sangat buruk tiap kali duduk.

Saat hendak melahirkan putri sulungnya, North, Kim mendapat induksi persalinan. Induksi dilakukan lima minggu lebih awal dari jadwal semula.

2. Beyonce
Cerita Preeklampsia Kim Kardashian dan 7 Perempuan LainnyaFoto: Dok. Beyonce Knowles
Pada Vogue edisi September 2018, Beyonce mengungkapkan pengalamannya mengalami preeklampsia saat hamil anak kembar, Rumi dan Sir. Penyanyi dan penulis lagu ini menghabiskan waktu satu bulan di tempat tidur sebelum menjalani operasi caesar darurat pada Juni 2017.

Beyonce mengatakan dia saat itu bertahan hidup sampai melahirkan Rumi dan Sir. Rumi dan Sir juga menghabiskan beberapa minggu di Neonatal Intensive Care setelah lahir.

3. Mariah Carey
Cerita Preeklampsia Kim Kardashian dan 7 Perempuan LainnyaFoto: instagram
Mariah Carey mengalami preeklampsia selama kehamilan anak kembarnya, Monroe dan Maroko. Tekanan darah tinggi menyebabkan Mariah harus melahirkan melalui prosedur caesar pada usia kehamilan 38 minggu.

4. Adriana Lima
Cerita Preeklampsia Kim Kardashian dan 7 Perempuan LainnyaFoto: Getty Images
Model Victoria's Secret, Adriana Lima, mengidap preeklampsia yang cukup berat. Oleh karena itu Adriana memerlukan istirahat selama dua minggu untuk mencoba mengendalikan kondisinya.

Dokter akhirnya memutuskan Adriana melahirkan melalui C-section pada usia kehamilan 34 minggu. Bayi Adriana dilahirkan sehat. Setelah melahirkan, Adriana pun sehat kembali.

5. Laura Bush
Cerita Preeklampsia Kim Kardashian dan 7 Perempuan LainnyaFoto: REUTERS/John Angelillo/Pool
Mantan ibu negara AS, Laura Bush, mengungkapkan bahwa dokternya menemukan tanda-tanda peringatan dini preeklampsia saat Laura sedang hamil putri kembarnya, Barbara dan Jenna. Laura mengatakan itu dalam bukunya, Spoken From The Heart.

Laura pun harus istirahat di tempat tidur rumah sakit sampai dia melahirkan bayi kembarnya pada usia kehamilan 35 minggu.



6. Jane Seymour
Cerita Preeklampsia Kim Kardashian dan 7 Perempuan LainnyaFoto: Getty Images
Aktris Jane Seymour telah berterus terang tentang pengalaman preeklampsia dalam wawancara dan dalam bukunya pada tahun 2002 yang berjudul 'Two at a Time: Having Twins: The Journey Through Pregnancy and Birth'.

Jane Seymour hamil di usia 40 tahunan melalui prosedur In Vitro Fertilization (IVF). Janin yang dikandungnya kala itu kembar, dan preeklampsia yang dialami meningkatkan risiko kehamilannya. Bayi kembarnya dilahirkan melalui operasi caesar darurat.

7. Brooke Mueller

Aktris Amerika, Brooke Mueller, berjuang melawan preeklamsia, diabetes gestasional, dan kolestasis atau terhambatnya aliran empedu saat hamil anak laki-laki kembarnya, Bob dan Max. Anak kembarnya lahir prematur tujuh minggu sebelum waktunya.

8. Trista Sutter

Trista Sutter mengalami preeklampsia saat hamil anak pertamanya. Pada usia kehamilan 36 minggu, ia menjalani operasi caesar darurat. Untungnya sang putra, Maxwell, sehat dan stabil setelah 10 hari berada di NICU.

(nwy/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi